Kepala Desa Bersama Muspika Gunung Meriah Studi Banding ke Pulau Banyak

Muspika Pulau Banyak

topmetro.news – Kepala desa se-Kecamatan Gunung Meriah Aceh Singkil bersama muspika melakukan silaturahmi dengan Muspika Pulau Banyak. Bertujuan meninjau BUMK yang ada di kecamatan tersebut.

Kegiatan bersifat biaya gotong-royong tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung bagaimana manajemen BUMdes di Kepulauan Banyak yang maju. Dengan harapan bisa diterapkan pada setiap desa di Kecamatan Gunung Meriah.

Camat Gunung Meriah Johan Fahmi Sanif dalam pidatonya mengatakan salut dengan BUMK yang ada di Kepulauan Banyak. Dimana semuanya suskes mengembangkan BUMdes tersebut.

“Hari ini muspika bersama kepala desa melakukan silaturahmi ke Pulau Banyak. Yang bertujuan untuk menyerap ilmu bagaimana mengembangkan BUMdes di Gunung Meriah nantinya,” ucap Johan. Sabtu (22/8 /2020).

Maksimalkan BUMDes

Menurut  Johan, banyak ilmu yang bisa diserap dari pertemuan ini. “Apalagi seperti kita ketahui sudah dua tahun ini BUMdes di Kecamatan Gunung Meriah belum maksimal,” katanya.

“Intinya kedatangan kami ke Kecamatan Pulang Banyak, untuk melakukan studi banding serta bersilaturahmi. Bagaimana manajemen yang dilakukan BUMdes Kepulauan Banyak sehingga bisa suskes mengembangkan BUMdes, yang dimana kita lihat banyak menyerap tenaga kerja,” masih tuturnya.

Lanjutnya. Kecamatan Gunung Meriah yang pertama melakukan studi banding ke Pulau Banyak. “Dengan biaya gotong-royong, bukan menggunakan dana desa,” jelas Johan.

Sebelum melakukan audiensi dengan Kepala Desa Pulau Baguk yang sukses mengembangkan BUMdes di Alun-alun Resto Karya Mandiri, para kepala desa bersama muspika melakukan pertemuan dengan Kepala Desa Teluk Nibung. Mereka melihat proses pengembangan penyu dan berkesempatan melepaskan bibit penyu ke laut di BUMdes tersebut.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment