Putuskan Rantai Covid-19, Pemkab Madina Jalankan ‘Gerakan Setengah Miliar Masker’

Gerakan Setengah Miliar Masker

topmetro.news – Dengan tujuan mengantisipasi penyebaran serta memutuskan rantai penyebaran Covid-19, Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution meresmikan ‘Gerakan Setengah Miliar Masker’ (GSMM). Untuk program nasional itu, Madina memulainya dari 30 desa yang ada di Kecamatan Panyabungan, Minggu (23/8/2020)

Kapolsek Panyabungan AKP Andi Gustawi menghadiri Peresmian acara GSMM tersebut. AKP Andi mewakili Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi SIK. Seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD di lingkungan Pemkab Madina juga mengikuti acara. Hadir juga, Camat Panyabungan Idris Batubara, kepala desa se-Kecamatan Panyabungan dan Ketua TP PKK se-Kecamatan Panyabungan.

Camat Panyabungan Kota Idris Batubara dalam sambutannya menuturkan, bahwa peresmian ‘Gerakan Setengah Miliar Masker’ itu merupakan program dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal RI.

“Selamat datang Bapak Bupati Madina, Raja Panusunan Bulung. Dapat kami beritahukan bahwa kegiatan ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Desa dan PDT tentang ‘Gerakan Setengah Miliar Masker’ untuk desa aman Covid-19,” katanya.

Bupati menindaklanjuti surat edaran menteri itu dan mensosialisasikannya ke desa-desa di Kecamatan Panyabungan. “Dan yang sudah kita bagikan maskernya hari ini sebanyak lima ribu masker. Dan target kita untuk Kecamatan Panyabungan sebanyak 90 ribu masker,” terangnya.

Idris menyebutkan ada kendala di kelurahan terkait pembagian masker. Hal itu akibat tidak adanya alokasi anggaran di kelurahan untuk pembelanjaan masker. Sementara Kecamatan Panyabungan Kota memiliki sembilan kelurahan.

Putuskan Rantai Covid-19

Bupati Madina menyatakan dalam sambutannya, ‘Gerakan Setengah Miliar Masker’ yang dicanangkan pemerintah pusat itu, merupakan sebuah bentuk kepedulian pemerintah kepada rakyatnya hingga ke pelosok desa. Bertujuan untuk memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19 yang telah banyak merenggut nyawa.

“Dalam lima bulan ini kita semua telah diuji dengan bencana non-alam bernama Covid-19. Dan sudah banyak menelan korban jiwa. Namun kita juga bersyukur. Sebab daerah kita ini masih zona hijau dan Alhamdulillah belum ada yang terpapar. Kalau pun ada itu adalah warga kita yang tinggal di perantauan dan pulang kampung,” ungkap Drs H Dahlan Hasan Nasution.

Lanjutnya, Virus Covid-19 merupakan penyakit berbahaya dan berbeda dengan penyakit lainnya. “Satu-satunya cara memutus penyebaran Virus Covid-19 ini yaitu dengan berdoa. Dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Dan tentunya kita harus mematuhi protokol kesehatan. Aktif menggunakan masker, sering cuci tangan, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Bupati mengimbau serta mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan ‘Gerakan Setengah Miliar Masker’, dengan memakainya setiap hendak beraktifitas ke luar rumah

“Kalau nanti maskernya sudah dibagikan, mari kita pakai setiap mau ke luar rumah. Jangan seperti selama kita bagikan masker tapi tidak pakai. Dan mari kita berusaha dan berdoa agar daerah kita ini aman dari Covid-19,” pintanya.

Pantauan topmetro.news, di akhir acara, Dahlan Hasan Nasution memakaikan masker kepada perwakilan warga. Mereka datang dari semua desa di Kecamatan Panyabungan Kota.

Bupati juga memberi hadiah kepada para juara lomba pada Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Desa Sigalapang dan Kampung Padang Kecamatan Panyabungan Kota.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment