Ustadz Solmed Sampaikan Tausiah Berbahasa Mandailing

Tabliq Akbar di Madina

topmetro.news – Di hadapan ribuan jemaah, sesekali terdengar Ustadz Soleh Mahmud Munawir alias Ustadz Solmed menyampaikan tausiah menggunakan Bahasa Mandailing dan selalu terdengar tawa dari jemaah yang hadir mengikuti acara Tabliq Akbar, zikir dan doa Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H di Terminal Kotanopan Kabupaten Madina, Selasa (25/8/2020).

Seakan ingin menyampaikan isyarat bahwa ustadz yang merupakan Putra Mandailing dari Desa Roburan Kecamatan Panyabungan Selatan itu, masih bisa berbahasa Mandailing. Meski terdengar logat atau penyampaiannya tidak pas seperti yang seharusnya. Maklum, Sang Ustadz telah lama menetap di ibu kota.

Kurang lebih 4.000 an warga Kecamatan Kotanopan menghadiri acara tersebut. Ustadz Solmed dalam ceramahnya mengajak agar banyak berzikir dan istigfar sembari berdoa agar wabah Covid-19 ini segera diangkat Allah. “Zaman sudah semakin berubah. Dimana ketika Azan Subuh sedang berkumandang, warga bukannya bergegas mengambil air wudhu dan ke mesjid. Malah sibuk mencari handphone dan update status. Kondisi ini lah yang memang harus ditinggalkan terutama pada generasi muda,” ungkapnya.

Kemudian sambungnya, mulailah dari sekarang untuk memperbaiki diri dengan melakukan hijrah ke Jalan Allah SWT. Sebab, menuju Jalan Allah SWT ini lah sebenarnya tujuan kita dilahirkan ke dunia ini agar selamat dunia dan akhirat.

Momen Tahun Baru Islam

Sementara Bupati Drs H Dahlan Hasan Nasution dalam sambutannya mengharapkan, dengan Tahun Baru Islam akan ada perubahan signifikan. Terutama dalam kehidupan sehari-hari baik bidang rezeki, kesehatan, dan sifat bermalas-malas menjadi rajin.

Bupati juga mengimbau agar Tahun Baru Islam dijadikan momen bangkit untuk membangun diri dengan nilai-nilai moral lebih baik. “Dan memang untuk melakukan sebuah perubahan itu tidak lah mudah. Namun kita harus terus berupaya melakukan perubahan-perubahan dari berbagai aspek,” katanya.

“Saya yakin dengan kegiatan seperti ini nantinya akan membawa pencerahan dan peningkatan mental spiritual seluruh ASN, honorer, dan masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal,” sambungnya.

Usai menyampaikan tausiahnya di Terminal Kecamatan Kotanopan, sesuai jadual Tabliq Akbar di Madina, Ustad Solmed melanjutkan ceramah di Mesjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Parbangunan Panyabungan.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment