Terkelin Brahmana Dipercaya ‘Pukul Gong’ Buka Sosialisasi Diseminasi Kemenkumham RI

Sosialisasi Diseminasi

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mendapat kesempatan untuk ‘memukul gong’ sebagai tanda pembukaan program kegiatan Sosialisasi Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual.

Kegiatan oleh Kanwil Kemenkumha Sumut itu, berlangsung, Kamis (3/9/2020), bertempat Hotel Four Point By Sheraton Medan.

Terlihat Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual Daulat P Silitonga menghadiri acara tersebut. Hadir juga Kepala Balitbang Provsu Ir H Irman MSi mewakili Gubernur Sumut dan para peserta dari beberapa daerah.

Usai pemukulan gong, Terkelin tidak banyak berkomentar. Namun mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak panitia Kemenkumham RI dan jajarannya, yang telah memberikan kesempatan baginya sekaligus sebagai tamu membuka secara tersebut.

Hak Intelektual

Menyikapi hal itu, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual Daulat P Silitonga mengaku secara sengaja memberikan kesempatan kepada Bupati Karo untuk membuka acara tersebut. Hal itu untuk menghargai keberadan dan kehadirannya sebagai kepala daerah.

“Yang penting tidak menyalahi, mengurangi nilai dan makna acara. Sebab acara ini bertujuan mendorong pelaku usaha mendapat hak intelektual. Serta pentingnya pemahaman akan perlindungan kekayaan intelektual bagi pemerintah dan masyarakat. Khususnya perlindungan ciri khas daerah,” jelas Daulat.

BACA | Empat Camat dan BKD Karo Terima Penghargaan dari BPS

Lebih lanjut, Daulat berharap kegiatan itu dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran bagi pemerintah daerah lainnya, baik pelaku usaha dan stakeholder terkait untuk melindungi warisan budaya dan hasil produknya. Antara lain dengan melalui pendaftaran kekayaan intelektual, hak cipta, dan hak kekayaan industri.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment