Antisipasi Merebaknya Pandemi Covid-19, Disdikbud Aceh Singkil Pasang Alat Otomatis

penanggulangan Pandemi Corona Virus

topmetro.news – Banyak usaha oleh pemerintah pusat maupun daerah cara penanggulangan, pengetatan dan meminimalisir merebaknya wabah Pandemi Corona Virus.

Selain melakukan (3M) memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, pada setiap kantor juga bisa kita temui petugas yang selalu berdiri dan melakukan pengecekan suhu badan kita.

Namun berbeda yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil. Yang mana kantor itu menggunakan alat pendeteksi yang bekerja otomatis pengecek suhu tubuh. Alat itu bernama ‘gear thernal’ dan satu-satunya instansi yang memiliki alat tersebut.

Hal ini berlaku mengingat instansi itu salah satu yang paling banyak mendapat kunjungan. Bbaik itu para tamu maupun seluruh guru, mulai dari TK, SD dan SMP sederajat.

“Dalam meminimalisir merebaknya wabah pandemi, kita menggunakan alat ‘gear thernal’. Untuk mengetahui suhu tubuh setiap tamu yang datang,” ucap Khalilullah, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, Senin (7/9/2020).

Alat Absensi

Khalil menambahkan, alat tersebut bukan hanya bisa mengecek suhu. Namun juga berfungsi sebagai alat absensi otomatis. “Jadi nantinya selain berguna sebagai thermo, juga bisa sebagai alat absensi para pegawai yang masuk,” katanya.

Lanjutnya, sebagai instansi yang membawahi ratusan sekolah tentu mereka harus ‘safety’ dalam bekerja. Apalagi tamu pasti banyak datang setiap harinya. Sementara Pandemi Corona Virus masih mengancam.

“Kalau kita berlakukan dengan alat thermometer pengukur suhu tembak secara manual untuk mengecek tamu yang datang, tentu kurang efektif dan repot. Namun kalau alat ini sangat simple dan tak perlu ada petugas. Saranya sangat mudah. Cukup wajah kita dekatkan ke layar, maka alat tersebut bekerja dan memberitahukan berapa tinggi suhu kita,” imbuhnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment