6 Fitur Baru Android 13 yang Keren, Penunjang Kenyamanan Pengguna

fitur baru Android 13

topmetro.news – Sedikitnya ada enam fitur baru Android 13 yang keren dan menakjubkan. Untuk diketahui, Google sendiri telah merilis Android 13 beberapa waktu yang lalu. Adapun namanya sendiri adalah Android Tiramisu.

Dalam pembaharuannya, Android 13 menghadirkan sejumlah fitur-fitur baru yang menarik dan keren tentunya.

Berikut enam fitur baru Android 13 yang keren dan memukau :

1. Personalisasi

Bahasa ke Aplikasi Tertentu Pada Android 13, pengguna bisa mengatur bahasa di aplikasi sesuai yang diinginkan. Hal ini menjadikan aplikasi tersebut tidak harus terpaku pada bahasa Inggris dalam penggunaannya. Dikutip dari PCMag, sayangnya fitur ini belum bisa diterapkan ke semua aplikasi karena memerlukan perizinan dari pengembangnya. Meski begitu, fitur ini tetap menjanjikan karena akan sangat bermanfaat bagi pengguna multibahasa.

2. Akses Pemindaian QR Code yang Lebih Cepat

Seiring perkembangan zaman, kode QR menjadi banyak digunakan dalam berbagai aktivitas tertentu. Dalam hal ini, Android 13 menambahkan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengakses pemindai QR Code dari perangkat dengan mudah dan cepat. Dengan Android 13, pengguna bisa mengakses fitur QR Code dari layar kunci ponsel. Tentunya hal ini sangat praktis dan memudahkan penggunaannya.

3. Kontrol Kekuatan Getaran

Fitur penyesuaian volume untuk media, alarm, hingga notifikasi tentu sudah biasa. Akan tetapi, Android 13 menyajikan sesuatu yang lebih keren pada salah satu fiturnya. Dikutip dari HowToGeek, sistem operasi Android 13 menyajikan fitur penyesuaian getaran di perangkat. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatur volume dari getaran yang berasal dari media, alarm, hingga notifikasi sekalipun. Meski terlihat sepele, namun fitur tersebut sejatinya merupakan sentuhan kecil yang cukup bagus. Jadi, tak hanya volume suara, namun getaran juga bisa disesuaikan.

4. Penghapusan Clipboard Otomatis

Di Android 13, papan Clipboard pada perangkat akan menghapus isinya secara otomatis dengan jangka waktu tertentu. Jadi, tidak perlu khawatir lagi apabila Anda meninggalkan informasi atau data penting di Clipboard, karena teks tersebut tidak akan bertahan selamanya.

5. Wallpaper Sinematik dan Peredupan Layar

Fitur keren Android 5 berikutnya adalah Wallpaper 3D yang bergerak. Dikutip dari Beebom, fitur ini menggunakan Wallpaper Effects API dan memungkinkan pengguna menjadikan fotonya sebagai Wallpaper 3D. Selain itu, ada juga fitur peredupan Wallpaper baru yang bisa meredupkan tampilan layar 3D pengguna.

6. Fitur Pemilihan Foto Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih foto atau video mana saja yang diizinkan untuk diakses aplikasi. Hal ini sangat berguna daripada memberikan akses aplikasi tersebut ke seluruh galeri foto pengguna.

Demikian ulasan mengenai fitur baru Android 13 yang keren dan memukau. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

sumber | sindonews

Related posts

Leave a Comment