Kapolres Taput Paparkan Situasi Kamtibmas, Capaian Vaksinasi dan Penyelesaian Kasus Selama Tahun 2022

Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi SIK MH menyampaikan situasi kamtibmas, capaian vaksinasi, dan penuntasan kasus yang mereka tangani selama setahun terakhir, terhitung 1 Januari hingga Desember 2022.

topmetro.news – Kapolres Taput AKBP Johanson Sianturi SIK MH menyampaikan situasi kamtibmas, capaian vaksinasi, dan penuntasan kasus yang mereka tangani selama setahun terakhir, terhitung 1 Januari hingga Desember 2022.

Ia sebutkan, mulai Januari 2022, banyak even-even besar terlaksana selama satu tahun ini. Antara lain, pengamanan Tahun Baru 2022, pengamanan Hari Raya Idul Fitri. Kemudian, pengamanan HUT RI ke 75 dengan berbagai kegiatan seperti pacuan kuda dan motor cross. Lalu pengaman Hari Jadi Kabupaten Taput, Konser Amal Slank, Sinode Godang HKBP. Serta pertandingan sepakbola antar kecamatan yang menghadirkan ribuan hingga puluhan ribu orang. Semuanya berjalan dengan aman dan lancar serta tidak ada gangguan apa pun.

Penanggulangan Bencana

Kata Kapolres, yang tak kalah penting lagi, berbagai upaya penanggulangan bencana gempa bumi yang melanda Taput pada 1 Oktober lalu. Kegiatan itu mulai dari imbauan kepada warga, bantuan kemanusiaan, bantuan sosial, pembersihan rumah yang rusak dan pembangunan rumah yang rusak.

“Polri selalu berperan aktif bersama-sama dengan TNI dan pemerintah daerah. Semuanya berjalan dengan baik,” sebut Kapolres saat ‘press reliese’ bersama sejumlah wartawan di Mapolres Taput, Kamis (29/12/2022).

Ia menambahkan, untuk capaian Vaksinasi Covid-19, hingga akhir tahun ini, Kabupaten Taput masuk lima besar di Sumut. Serta mencapai target sesuai dengan program pemerintah.

Kapolres menyebut, capaian persentase vaksinasi saat ini dosis 1 mencapai 91,38 persen, dosis 2 sudah 85,09 persen. Kemudian, Booster 1 berjumlah 51,78 persen dan Booster 2 di angka 4,38 persen.

Semua capaian itu tidak terlepas dari kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah, TNI, dan seluruh stake holder. “Oleh karena itu, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terbangunnya kerjasama yang baik dengan kepolisian. Sehingga semua yang saya jelaskan ini bisa berjalan dengan aman dan terkendali,” ujar Kapolres.

AKBP Johanson Sianturi SIK MH didampingi Kasat Reskrim Iptu Zuhatta Mahadi STK SIK, mewakili Kasat Narkoba Ipda Pandu Hutagalung, mewakili Kasat Lantas Ipda Timor Tarigan, Kasidokkes Ipda dr Deasy Handayani Purba dan Kasi Humas Ipda Gaung Wiratama STrk mengungkapkan, situasi kamtibmas selama tahun 2022 mulai Januari hingga Desember 2022 berlagsung aman dan kondusif.

Tuntas Kasus

Terkait dengan capaian penuntasan kasus, Kapolres menyampaikan, selama tahun 2022 ada laporan pengaduan sebanyak 230 dan dalam penanganan oleh Unit Reskrim. Dari jumlah itu, ada penyelesaian 173 kasus. Sehingga persentasinya bisa mencapai 75%. Sedangkan 25% lagi masih tahap proses lidik dan sidik.

Jumlah kasus narkoba ada 23 kasus. Yang sudah selesai 19 kasus, dua tahap 1 (berkas masih dalam penelitian JPU). Sementara 2 kasus masih proses penyidikan.

Untuk kasus laka lantas ada 154 kasus. Di mana, 147 kasus sudah selesai dan 7 kasus masih tahap proses.

“Keberhasilan ini tentu bukan hanya upaya kepolisian sendiri. Tetapi berkat kerjama semua pihak yaitu Forkopimda, masyarakat, dan juga rekan-rekan pers sekalian,” katanya.

Di akhir penjelasan, Kapolres Taput menyampaikan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2023. “Kepada seluruh warga Taput, kiranya Tuhan memberkati dan melindungi kita di mana pun kita berada,” tutupnya.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment