You are here
Honda Brio RS, Ini Dia Spesifikasi dari Si Mungil yang Gesit dan Lincah Otomotif 

Honda Brio RS, Ini Dia Spesifikasi dari Si Mungil yang Gesit dan Lincah

Topmetro.News – Siapa yang tak kenal Honda Brio RS? Mobil bertipe city car ini merupakan tipe tertinggi di kelasnya. Tak heran harga jualnya pun sedikit lebih mahal dari Honda Brio Satya yang merupakan mobil dengan kategori LCGC.

Karena harga Honda Brio RS lebih mahal dari Honda Brio Satya, maka mobil ini tidak lagi dikatakan mobil jenis LCGC. Wajar saja harganya lebih mahal, karena mobil ini sudah dilengkapi fitur-fitur tambahan dan didesain lebih sporty.

Meski tidak termasuk dalam kategori mobil LCGC, namun harga Honda Brio RS masih bisa dijangkau konsumen yang berkantong pas-pasan. Mobil ini banyak diminati kaum muda, karena modelnya lebih sporty dibanding Honda Brio Satya, ditambah lagi dengan fitur-fitur tambahannya yang modern.

Honda Brio RS Cocok untuk Jalanan Macet

Untuk memenuhi selera konsumennya, Honda Brio RS sudah menyediakan dua varian, yaitu manual dan matic. Bagi Anda yang sering berhadapan dengan kemacetan lalu lintas di jalan perkotaan, maka Honda Brio RS matic menjadi pilihan yang cocok dan tepat bagi Anda.

Dimensi Honda Brio RS sama dengan Honda Brio Satya, dengan ukuran panjang 3.610 mm, lebar 1.680 mm dan mempunyai tinggi 1.485 mm. Dengan jarak sumbu rodanya 2.345 dan berat kosong 930 kg, maka Honda Brio dapat bermanuver dengan gesit dan lincah.

Ditambah lagi dengan menggunakan tipe mesin 1.2 Liter SOHC silinder segaris dengan 16 katup. Berkapasitas 1198cc, dengan menggunakan mesin ini, maka tenaga yang dihasilkan juga cukup besar. Mesin ini sudah menggunakan teknologi i-VTEC + DBW dan dilengkapi dengan sistem pembakaran PGM-FI. Sehingga dapat meningkatkan akselerasi dan bahan bakar pun menjadi lebih irit.

Teknologi PGM-FI ini dapat meningkatkan kinerja mesin yang berkapasitas 1198cc, sehingga mampu menyemburkan tenaga maksimal mencapai 90 PS pada putaran 6.000 rpm, serta meningkatkan torsi maksimal hingga mencapai 110 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Spesifikasi Honda Brio RS

Eksterior

Tampilan depan Honda Brio RS nampak lebih gagah dengan model Head lamp yang sudah menggunakan New Projector Headlamp with LED Light Guide. Teknologi lampu ini tidak menyilaukan orang lain di depannya. Sebagai tambahan untuk menembus pekatnya kabut, mobil ini sudah dilengkapi dengan fog lamp.

Di bagian kaca spionnya Honda Brio RS menggunakan New Power Retractable Door Mirror with LED Turning Signal sehingga spionnya dapat dilipat secara otomatis. Dengan adanya fitur itu, maka tampilan mobil ini nampak tambah keren.

Beralih pada bagian belakang, untuk lampu belakangnya, mobil ini memiliki stoplamp dengan bentuk dan ukuranya yang besar. Selain itu lampunya sudah menggunakan teknologi LED di dalamnya.

Interior

Kabin Honda Brio RS memiliki dimensi yang cukup luas sehingga akan terasa nyaman dengan 5 orang di dalamnya. Interior mobil ini dibalut dengan warna gading sehingga nampak terkesan mewah dan elegan. Honda Brio RS ini juga dilengkapi dengan dashboard modern.

Sedangkan untuk media hiburan mobil ini dilengkapi dengan sistem audio dan video dengan ukuran 6,2 inch. Suara yang dihasilkan juga sangat bagus karena dilengkapi dengan sepasang Tweeter dan speaker.

Untuk tombol pengatur audio diletakkan di kemudi atau stir mobil, sehingga untuk mengatur suara audio dapat dengan mudah dilakukan si pengemudi. Untuk kenyamanan dalam ruangan mobil ini juga sudah dilengkapi AC digital yang dapat diatur secara otomatis.

Sistem Kemudi, Suspensi dan Kaki-kaki

Untuk kenyaman berkendara, mobil ini juga sudah dilengkapi fitur rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS). Untuk menyesuaikan dengan tinggi si pengemudi, mobil ini juga sudah dilengkapi fitur Tilt Steering. dengan fitur ini stir dapat diatur sesuai keinganan pengemudi.

Seperti biasa untuk suspensinya, semua tipe mobil Honda selalu menggunakan tipe serupa. Untuk bagian depan menggunakan suspensi MacPherson. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan suspensi H-Shape Torsion Beam. Kedua tipe ini sudah terbukti ketangguhannya.

Baca juga: Honda Brio Harga dan Spesifikasinya

Untuk pengereman, bagian depan menggunakan rem cakram (Ventilated Disc), sedangkan bagian belakang menggunakan tromol. Untuk memaksimalkan pengereman, Honda Brio RS sudah dilengkapi fitur ABS (Anti Lock Breaking System) yang berfungsi untuk mencegah penguncian roda pada saat pengereman mendadak.

Selain itu fitur pengereman juga dilengkapi EBD (Electronic Brake Force Distribution) yang dapat mendistribusikan pengereman dengan menyesuaikan beban kendaraan. Mobil ini menggunakan Velg Alloy wheel 15 inch dengan ukuran ban 185 / 55 R15.

Fitur-fitur Pendukung

Ada beberapa fitur keamanan yang diterapkan dalam Honda Brio RS baik manual maupun otomatis, diantaranya, Keyless Entry, Immobilizer serta Alarm System. Dengan sistem keamanan ini, maka mobil ini tidak mudah dicuri.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Untuk keselamatan pengemudi dan penumpangnya, Honda Brio RS sudah dilengkapi Dual Front SRS Airbags. Fitur ini berguna untuk menghindari benturan penumpang bagian depan ketika terjadi kecelakaan. Selain itu ada juga fitur indikator yang berfungsi mengingatkan penumpangnya untuk menggunakan sabuk pengaman. Mobil ini juga menggunakan rangka G-CON + ACE untuk melindungi kabin dari kecelakaan.

Untuk meredam benturan dari arah samping, Honda Brio RS pun menggunakan teknologi Side Impact Beam. Selain itu ada juga sabuk pengaman yang menggunakan teknologi Pretensioner dan Load Limiter, sehingga fitur ini membuat perjalanan menjadi lebih aman.

Demikianlah beberapa informasi tentang Honda Brio RS yang dapat disajikan Topmetro.News, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sebelum memutuskan untuk membelinya.(herryansyah/art)

133 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment