You are here
Jangan Ngaku Traveller Kalau Belum Pernah ke Air Terjun Sipiso Piso Travel & Wisata 

Jangan Ngaku Traveller Kalau Belum Pernah ke Air Terjun Sipiso Piso

Topmetro.newsAir terjun Sipiso piso merupakan salah satu objek wisata alam terpopuler di Sumatera Utara. Air terjun ini termasuk salah satu yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Air terjun yang fenomenal ini terletak di daerah perbukitan dengan ketinggian sekitar 800mdpl yang dikelilingi oleh hutan pinus.

Air terjun Sipiso piso terletak di desa Tongging, kecamatan Merek, Kabupaten Karo Sumatera Utara. Dari kota Medan, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan mobil untuk sampai ke air terjun ini.

Keindahan air terjun Sipiso-piso semakin mempesona karena terletak di bibir Danau Toba. Derasnya debit air yang jatuh membentuk sebuah aliran Sungai yang diberi nama sugai Pajanabolon. Sungai ini merupakan salah satu sungai penyuplai air ke Danau Toba.

Nama Sipiso-piso sendiri diambil dari nama sebuah gunung yang terletak tepat di timur laut Air terjun ini. Sebelum Anda melihat air terjun ini dari dekat, berkunjunglah di gardu pandang yang terletak di puncak bukit. Anda akan melihat keindahan danau Toba yang terhampar luas. Dari gardu pandang ini anda juga dapat melihat keindahan Pulau Samosir, pulau yang berada di tengah Danau Toba.

Suasana Disekitar Air Terjun Sipiso piso

Nisa salah seorang pengunjung asal Medan mengatakan, dirinya dan keluarga sudah beberapa kali mengunjungi tempat ini. Bahkan ia sempat mencapai dasar Air Terjun Sipiso-piso ketika kunjungan keduanya disana. Dia terpesona dengan keindahan alam yang terhampar di sekitar Air Terjun ini yang selalu membuat dirinya merasa betah.

“Disini pemandangannya indah kali bang.. Sejuk dan tenang pikiran melihatnya. Nggak bosan-bosan rasanya aku datang kesini. Makanya kupikir aneh kalau orang Indonesia nggak tau Air Terjun Sipiso piso ini, karena ini termasuk salah satu air terjun tertinggi di dunia kan..” Katanya sambil bersiap-siap untuk berfoto bersama keluarganya.

selvie air terjun sipiso piso
Gaya ‘selfie’ salah seorang pengunjung air terjun sipiso piso

Nisa menambahkan, jika ingin melihat Air Terjun Sipiso-piso lebih dekat, anda dapat turun kebawah melalui anak tangga yang telah disediakan. Biasanya, untuk sampai kedasar air terjun membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Jika letih, anda dapat beristirahat di gardu pandang yang terletak ditengah perjalanan. Disini anda dapat berselfie ria karena pemandangannya sangat indah.

Jika memiliki waktu luang, dari Air terjun Sipiso piso, anda dapat melanjutkan perjalanan ke Desa Tongging. Sebuah desa indah dan asri yang terletak dibawah air terjun ini. (TM-Wisata)

53 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment