You are here
Benarkah Makan Kuning Telur Memicu Kolesterol? Kesehatan 

Benarkah Makan Kuning Telur Memicu Kolesterol?

topmetro.news – Kuning telur selama ini disebut-sebut dapat memicu kolesterol. Itu sebabnya bagian telur ini sering diabaikan, karena efek negatifnya bagi kesehatan.

Pada 1973, American Heart Association mengingatkan masyarakat untuk mengurangi konsumsi telur demi melindungi diri dari penyakit jantung.

Namun yang menjadi pertanyaan, benarkah telur atau kuning telut dapat memengaruhi kesehatan jantung, karena dinilai tinggi kolesterol?

Seperti dilansir Times of India, kuning telur kaya akan vitamin A, D, E, B12 dan K, dan mineral seperti folat, besi dan riboflavin. Sebutir telur memiliki sekitar 185 mg kolesterol yang semuanya berada dalam kuning telur.

Penyakit Jantung dan Lemak

Namun para peneliti memastikan bahwa kolesterol dalam makanan bukanlah satu-satunya penyebab penyakit jantung. Menurut peneliti, lemak trans yang terkandung dalam minyak goreng lebih berbahaya bagi jantung, dibandingkan kolesterol pada kuning telur.

Di sisi lain, tubuh memang membutuhkan kolesterol dalam jumlah tertentu. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Connecticut menemukan bahwa lemak dalam kuning telur membantu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat.

Studi lainnya yang dilakukan Harvard School of Public Health menemukan bahwa orang yang mengonsumsi tujuh telur per minggu tidak mengalami peningkatan risiko penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi kurang dari porsi tersebut.

Makanan Kaya Nutrisi

Telur sendiri sering disebut-sebut sebagai lauk yang kaya akan nutrisi. Sebutir telur yang terdiri dari putih dan kuning telur mengandung vitamin B, asam lemak omega 3, B6, B12, folat dan kolin, yang semuanya bermanfaat dalam melindungi jantung.

L-arginine, asam amino yang ditemukan dalam telur, dibutuhkan untuk pelepasan dan pertumbuhan beberapa hormon. Ketika Anda hanya makan putih telur, maka Anda akan kehilangan separuh protein yang ada dalam telur dan banyak nutrisi penting lainnya.

Untuk mengurangi efek negatif kolesterol dalam kuning telur, Anda juga harus memperhatikan cara penyajiannya. Menggoreng telur dengan mentega maupun minyak goreng bisa menambah kadar kolesterol yang masuk ke tubuh Anda. Gunakan minyak zaitun sebagai gantinya.

Menurut American Heart Association, asupan kolesterol harian yang direkomendasikan untuk orang dengan kadar LDL normal adalah 300 mg. Jadi, jika kadar kolesterol tinggi maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk memasukkan kuning telur dalam diet Anda. (TM-RED)

sumber: suara.com

68 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment