You are here
Longsor di Tarutung, Rumah Warga Tertimbun Material Tanah Daerah 

Longsor di Tarutung, Rumah Warga Tertimbun Material Tanah

Topmetro.news – Longsor di Tarutung (Tapanuli Utara) menyebabkan satu unit rumah milik Miduk Simanungkalit di Desa Pansurnapitu Siatasbarita persis di sisi kiri jalinsum Tarutung-Sipirok dilaporkan tertimpa longsoran tanah, Selasa (24/4/2018). Longsoran dimaksud berasal dari dinding tebing di belakang rumah warga.

Longsor di Tarutung Bikin Arus Lalulintas Lumpuh Total

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, material tanah dan pepohonan dari tebing setinggi kurang lebih 25 meter itu merusak bagian belakang rumah warga. Tidak itu saja, bencana itu juga menutupi badan jalan. Akibatnya arus lalulintas di kedua arah sempat lumpuh total selama lebih kurang satu jam.

“Suara menderu yang keras mengiringi longsoran tanah dan meterial lainnya sekitar pukul 9.45 wib, tadi pagi,” ungkap Kepala Desa Pansurnapitu, Tongam Sibarani.

Dikatakan, hujan deras yang melanda wilayah itu sejak malam hingga pagi harinya, menjadi penyebab terjadinya longsor.

“Sebelum kejadian, semalam (Senin 23 April 2018) sekitar pukul 22.00 wib, longsor juga sudah terjadi, meski hanya merusak bagian belakang rumah,” terangnya.

Untungnya, kejadian itu langsung disikapi pemilik rumah dengan cara pergi meninggalkan huniannya itu menuju rumah keluarga terdekat di desa.

Penghuni Mengungsi Hindari Longsor

“Untunglah, penghuni rumah sudah sempat mengungsi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, juga keadaan lalulintas di jalinsum yang kebetulan lengang. Sehingga, saat longsoran tanah kembali terjadi, tidak menimbulkan korban jiwa,” imbuh Ulibasa Hutapea. (tmn)

sumber: antaranews

747 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment