You are here
Pengusaha Muda Kuasai Iptek Ekonomi & Bisnis 

Pengusaha Muda Kuasai Iptek

Topmetro.news – Pengusaha muda kuasai Iptek (informasi teknologi). Ini penting menghindari ketertinggalan dan mampu bersaing serta bertahan di era Revolusi Industri 4.0. Soalnya Tanpa penguasaan teknologi dan informasi, pengusaha Indonesia akan tertinggal jauh dalam perekonomian dunia.

”Revolusi Industri 4.0 akan merombak pergerakan perekonomian dunia,” kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo disela-sela Diklatda Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (Hipmi Jaya) di Jakarta, kemarin.

Era Revolusi Industri

Politisi Partai Golkar yang biasa disapa Bamsoet ini mengatakan, era Revolusi Industri ke empat diwarnai kecerdasan buatan, super komputer, rekayasa genetika, teknologi nano, mobil otomatis, inovasi dan perubahan yang terjadi dalam kecepatan eksponensial. Pada era ini semakin terlihat wujud dunia yang telah menjadi kampung global.

Dia optimis era Revolusi Industri 4.0 ini akan memberikan manfaat besar bagi sektor swasta. “Produsen besar yang terintegrasi akan dapat mengoptimalkan sekaligus menyederhanakan rantai suplainya. Di sisi lain, sistem manufaktur yang dioperasikan secara digital juga akan membuka peluang-peluang pasar baru bagi UKM penyedia teknologi seperti sensor, robotic, 3D printing atau teknologi komunikasi antar mesin,” katanya.

Bangun Industri Manufaktur

Mantan pimpinan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia itu menyebutkan, Indonesia berkomitmen untuk membangun industri manufaktur yang berdaya saing global melalui percepatan implementasi Industri 4.0.

Hal ini ditandai dengan peluncuran Making Indonesia 4.0 sebagai sebuah “road map” dan strategi Indonesia memasuki era digital yang tengah berjalan saat ini. ”Itu makanya pengusaha muda kuasai iptek.” (tmn)

sumber: antara

119 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment