You are here
Akhirnya! Aceh-Sumut Terpilih Jadi Tuan Rumah PON 2024 Olahraga 

Akhirnya! Aceh-Sumut Terpilih Jadi Tuan Rumah PON 2024

topmetro.news – Akhirnya, yang diidam-idamkan dua provinsi bertetangga, Aceh dan Sumatera Utara terpilih menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Dua provinsi ini telah resmi ditetapkan sebagai tuan rumah PON 2024 melalui Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) berlangsung, pada Selasa (24/4/2018) di Hotel Bidakara, Jakarta,

Perjuangan yang dilakukan dua provinsi tersebut merupakan hasil kerja keras baik itu Provinsi Aceh dan KONI-nya dan Provinsi Sumatera Utara dan juga KONI-nya. Penetapan sebagai tuan rumah PON 2024 itu, melalui mekanisme voting (pemungutan suara-red) yang diikuti 34 KONI provinsi se-Indonesia.

Baca juga : Sumut layak jadi tuan rumah Pon

Dalam voting tersebut, Aceh-Sumut menghadapi dua calon tuan rumah lainnya seperti Kalimantan Selatan dan dua provinsi yang bergabung yakni Bali-Nusa Tenggara Barat. Hasil voting tersebut, Kalimantan Selatan yang menempati nomor urut 1 memperoleh 2 jumlah suara, Bali dan NTB memiliki 8 jumlah suara. Sedangkan Aceh-Sumut sangat drastis, kedua provinsi tersebut memperoleh 24 jumlah suara. dari jumlah tersebut, Aceh-Sumut berhak menjadi tuan rumah PON XXI pada tahun 2024 mendatang.

Pada Musornaslub yang berjalan dengan lancar itu, Wakil Ketua KONI Pusat IV, K. Inugroho menjadi pimpinan sidang dalam pemungutan suara atau voting. Setelah Aceh-Sumut mendapatkan suara terbanyak dengan 24 suara, pimpinan sidang mengetuk palu, pertanda hasil voting tersebut sah, dan Aceh-Sumut sebagai tuan rumah PON 2024 mendatang.

” Dari hasil yang diperoleh Aceh-Sumut dengan meraih 24 suara sebagai kontestan dengan suara terbanyak. Dengan ini Aceh-Sumatera Utara resmi bakal menjadi tuan rumah PON 2024,” ucap Inugroho yang juga menjabat Ketua Pimpinan Sidang Musornaslub.

Pon 2024 Disambut Suka Cita

Usai diumumkannya oleh Inugroho, seluruh peserta sidang Musornaslub KONI Pusat langsung memberikan aplaus, sebagai rasa suka cita menyambut Aceh-Sumut menjadi tuan Rumah PON 2014. Terutama, yang paling gembira pada usai pengumuman itu datang dari dua provinsi Aceh-Sumut yang langsung meneriakkan ungkapan terimakasih.

Pada Musornaslub KONI Pusat langsung dihadiri Gubernur Aceh, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH, MH, Kadispora Provinsi Aceh, Musri Idris, Kadispora Provinsi Sumatera Utara, H Baharuddin Siagian, SH, MSi, Ketua KONI Provinsi Aceh, Muzakir Manaf dan Ketua KONI Sumatera Utara, Jhon Ismadi Lubis dan seluruh pengurus yang ikut menyaksikan hari bersejarah ini.

Serperti diketahui, Provinsi Sumatera Utara terakhir menjadi tuan rumah sudah 65 tahun silam, tepatnya pada pelaksanaan PON III tahun 1953. Tempat bersejarah sebagai saksi Sumut pernah menjadi tuan rumah PON ketika itu salah satunya Stadion Teladan Medan yang kini menjadi hombase PSMS Medan di Liga 1 Indonesia.

Wagubsu, Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH, MH didampingi Kadispora Sumut H Baharuddin Siagian, SH,MSi menyampaikan ungkapan terimakasih kepada masyarakat Sumatera Utara dan Aceh serta semua pihak yang telah memberikan dukungannya, dengan terpilihnya Aceh-Sumut menjadi tuan rumah PON 2024 mendatang.

” Ini adalah hasil kerja keras kita dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Aceh untuk mempersiapkan segala hal yang menyangkut persiapan untuk menjadi tuan rumah PON. Sudah setahun lebih kita memikirkan dan bekerja keras untuk memenangkan bidding ini. Hal ini tentunya hasil dari kerjasama tim baik itu Pemprovsu dan Pemerintah Aceh serta kedua KONI Provinsi Sumut Pak Jhon Lubis dan Ketua KONI Provinsi Aceh, Muzakir Manaf, yang telah menyatukan visi misi sebagai tuan rumah bersama,” ungkap Wagubsu. (TM-YOFE)

175 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment