Sumatera Utara Dinilai Layak Jadi Tuan Rumah PON 2024

pon 2024

topmetro.news – Setelah melakukan penilaian dan memverifikasi di berbagai venue (tempat pertandingan) yang dilakukan tim verifikasi dari KONI Pusat. Bersama Provinsi Aceh, Sumatera Utara dinilai layak jadi tuan rumah PON 2024. Secara keseluruhan tempat pertandingan di Sumatera Utara sudah memenuhi kretaria sebagai tuan rumah PON 2024 mendatang.

Tim Penilai dan Verifikasi KONI Pusat Surya Dharma di Medan, pada Kamis (8/3/2018) mengatakan, secara fisik venue-venue yang ada di berbagai kota di Sumatera Utara layak menjadi tempat pertandingan penyelenggaraan PON, meski ada yang harus dibenahi lagi. “Berdasarkan penilaian dan verifikasi, sekitar 70 persen fisik venue yang ada cukup layak, hanya tinggal penyempurnaannya saja sehingga 100 persen benar-benar layak,” katanya.

Hasil Verifikasi Dibawa di Munas

Ia mengatakan, hasil verifikasi tersebut nantinya akan disampaikan kepada Ketua KONI Pusat dan selanjutnya akan dibawa pada musyawarah nasional  (munas) April mendatang, di mana akan dilakukan biding (penawaran) tuan rumah PON tahun 2024.

Saat ini selain Aceh dan Sumut, provinsi lainnya yang juga mencalonkan diri sebagai tuan rumah PON tahun 2024 adalah Bali yang bekerja sama dengan Nusa Tenggara Barat serta Kalimantan Selatan. “Jadi dalam biding nanti akan diambil suara siapa yang terbanyak dipilih sebagai tuan rumah PON 2024. Hasilnya selanjutnya disampaikan kepada Menpora dan selanjutnya ke Presiden,” katanya.

Lakukan Langkah Strategis

Meski Sumut bersama Aceh dinilai layak menjadi tuan rumah PON, ia menyarankan kedua pemerintah daerah melakukan langkah-langkah strategis untuk bisa meyakinkan KONI provinsi seluruh Indonesia agar menetapkan pilihan kepada kedua daerah itu. ” Perlu juga pendekatan kepada pemerintah pusat. Nah pemerintah daerah harus juga melakukan pendekatan. Intinya harus bisa menyakinkan pusat,” katanya.

Pihaknya juga akan memberikan rekomendasi hasil verifikasi yang telah dilakukan pada saat Munas KONI pusat nanti. Rekomendasi ini pula lah yang akan menjadi pertimbangan semua voters biding PON, untuk memilih calon tuan rumah yang baik dan paling siap. ” Setelah pulang dari sini (Sumut), semua tim verifikasi akan kumpul di Jakarta untuk membahas melihat dari segala aspek, baru kita tentukan urutannya untuk diajukan di Munas KONI pusat bulan depan. Kewenangan kami hanya melihat kondisi fisik venue disampingnya melihat antusias masyarakatnya, Pemda, KONI itu merupakan salah satu bobot dalam biding nanti,” ungkapnya. (TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment