You are here
Tingkat Popularitas Ketiga Calon Gubernur Sumut 2018 Menurut Google Politik 

Tingkat Popularitas Ketiga Calon Gubernur Sumut 2018 Menurut Google

Topmetro.news – Pemilihan Gubernur Sumatera Utara yang akan digelar 27 Juni 2018 mendatang memunculkan tiga nama calon gubernur yaitu Edy Rahmayadi, JR Saragih dan Djarot Saiful Hidayat. Namun, dari ketiga Calon Gubernur Sumut tersebut nama Edy Rahmayadi memiliki tingkat popularitas paling tinggi di google dibandingkan kedua calon lainnya.

Popularitas Ketiga Calon Gebernur Sumut Berdasarkan Google Trends

popularitas calon gubernur sumut

Berdasarkan data google trends yang terlihat pada grafik diatas, nama Edy Rahmayadi (warna biru) terlihat lebih unggul dari kedua pesaingnya. Sedangaka nama JR Saragaih (warna merah) berada diposisi kedua. Disusul nama Djarot Saiful Hidayat (warna kuning) di urutan ketiga. Data ini diambil berdasarkan trend penelusuran website di google dalam 7 hari terakhir untuk lokasi Sumatera Utara.

Tak hanya itu, tim redaksi Topmetro.news juga memantau daerah-daerah yang menjadi lumbung popularitas masing-masing calon. Dalam hal ini, google trends akan memberikan nilai 100 untuk melambangkan popularitas tertinggi dan nilai 0 untuk melambangkan tidak populer. Sedangkan nilai popularitas dihitung berdasarkan banyaknya nama masing-masing calon diketikkan dalam pencarian google di satu daerah.

Daerah Popularitas Edy Rahmayadi

Berdasarkan data google trends diatas, nama Edy Rahmayadi mendapatkan predikat paling populer pada penelusuran google di kota Tebing Tinggi dengan nilai 100. Disusul Kota Pematang Siantar dengan nilai 84, Padang Sidempuan 82 , kota Binjai 74, Asahan 73, Lubuk Pakam (Deli Serdang) 69. Sedangkan di kota Medan yang merupakan tempat domisili Edy Rahmayadi hanya memperoleh nilai 40.

Daerah Popularitas JR Saragih

JR Saragih mendapatkan predikat paling populer dikota Pematang Siantar dengan nilai 100. Disusul Kabanjahe  (Kabupaten Karo) dengan nilai 43, Kota Binjai 27, Deli Serdang 24 dan kota Medan hanya 15.

Daerah Popularitas Djarot Saiful Hidayat

Djarot Saiful Hidayat mendapatkan tingkat popularitas tertinggi pada pencarian google di kota Pematang Siantar dengan capaian nilai 100. Sedangkan di Kota Medan, Djarot hanya mendapatkan nilai 34.

Popularitas Calon Gubernur Sumut Berdasarkan Data Penelusuran Google

Selain dari google trends, tim redaksi Topmetro.news juga memantau tingkat popularitas ketiga calon Gubernur Sumatera Utara ini melalui data penelusuran google. Tingkat popularitas masing-masing calon diukur berdasarkan banyaknya data (informasi) yang ditampilkan oleh google saat nama masing-masing calon ditelusuri di mesin pencari google.

Edy Rahmayadi

popularitas edy rahmayadi

Berdasarkan data penelusuran google, nama Edy Rahmayadi berada di peringkat pertama terpopuler mengalahkan kedua pesaingnya. Google menampilkan 1.230.000 informasi tentang Edy Rahmayadi dalam waktu 0,37 detik Saat nama “Edy Rahmayadi” ditelusuri pada mesin pencari google.

JR Saragih

popularitas jr saragih

 

JR Saragih berada di posisi kedua terpopuler dengan jumlah data informasi sebanyak 786.000 yang ditampilkan google dalam waktu 0,54 detik.

Djarot Saiful Hidayat

popularitas djarot saiful hidayat

 

Sedangkan nama Djarot Saiful Hidayat berada di posisi ketiga dengan jumlah data informasi yang ditampilkan sebanyak 715.000 dalam waktu 0,41 detik.

Tanggapan Pemimpin Redaksi Topmetro.news

Berdasarkan hasil pengamatan tim Redaksi topmetro.news di Google ini, sepertinya ketiga calon Gubernur Sumatera Utara ini harus bekerja ekstra keras. Karena, berdasarkan hasil tersebut, masih banyak masyarakat di daerah-daerah lainnya di Sumut yang belum menunjukan keingintahuan mereka terhadap para calon Gubernur yang akan bertanding memperebutkan kursi Sumut 1.

Pemimpin Redaksi topmetro.news, Erris Julietta Napitupulu mengatakan bahwa informasi yang disampaikan tim Topmetro.news ini adalah real.

“Data yang kita cari ini berdasarkan popularitas di google. Sifatnya hanya memberikan informasi kepada masyrakat ataupun pihak-pihak lain yang membutuhkan,” ucapnya.

Erris juga menyampaikan bahwa data dan informasi yang disajikan ini tentu akan terus berubah seiring dengan  semakin dikenalnya para calon Gubernur Sumatera Utara di masyarakat.(tm/red)

15,250 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Berita Lainnya

Leave a Comment