Wasit Liga 1 2020 Akan Menggunakan Dua Teknologi Baru

wasit liga 1 2020

topmetro.news – Para wasit yang akan tampil dalam lanjutan Liga 1 2020, akan diberikan dua teknologi baru. Hal itu guna mempermudah mereka mengambil keputusan, saat memimpin pertandingan. Hal ini terungkapkan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Lukita.

Dua teknologi baru tersebut merupakan alat komunikasi, yang menganggap bisa membuat wasit mengambil keputusan lebih tegas. Lukita berharap dua alat bantu tersebut, bisa menambah kualitas pertandingan Liga 1 2020.

“Kami sudah menyiapkan dua teknolgi baru yang akan terpakai wasit Liga 1 2020, yakni handsfree dan vanishing spray,” katanya press conference Liga 1 2020 secara virtual, Jumat (11/9/2020).

Handsfree dan vanishing spray sebenarnya, sudah berlaku dalam Liga 1 2020 sejak awal musim. Namun, tidak semua alat bantu itu tergunakan dalam setiap pertandingan.

Vanishing spray adalah alat semprot itu, sebagai penanda batas garis antara bola dan pagar pemain. Saat terjadi tendangan bebas pada daerah dekat kotak penalti, atau sepertiga lapangan. Sedangkan handsfree merupakan alat komunikasi, dengan teknoloi wireless.

“Saya berharap wasit Liga 11 2020 bisa tegas, dan membuat kualitas pertandingan lebih berkualitas,” harap Lukita.

“(PT LIB) optimis semaksimalkan mungkin Liga 1 tetap semarak, menghibur dan kompetitif,” tambahnya.

Liga 1 2020 sebelum terhenti pada pertengahan Maret silam, telah memainkan tiga laga. Namun, khusus Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya, baru memainkan dua laga.

Semua laga Liga 1 2020 nantinya akan kembali, dengan menerapkan protokol kesehatan yang super ketat. Lukita menjelaskan bahwa, semua pertandingan akan berlangsung tanpa adanya penonton.

Persib Bandung sejauh ini memimpin klasemen sementara Liga 1 2020. Tim Maung Bandung berhasil mendapatkan sembilan poin, dari tiga kali meraih kemenangan. Liga 1 tahun ini juga sangat special karena tidak aturan degradasi.

reporter | yofe

Related posts

Leave a Comment