Besok, YouTuber Erwin Purba Tambak Diperiksa Polda Sumut

youtuber erwin purba tambak2

TOPMETRO.NEWS – YouTuber Erwin Purba Tambak, Senin (14/9/2020) diminta untuk datang ke Polda Sumut. Tujuan pemanggilan YouTuber Erwin Purba Tambak untuk dimintai keterangan oleh penyidik terkait laporan pengaduan atas nama Misyanto sesuai LP/1452/VIII/2020/SUMUT/SPKT-1 tanggal 5 Agustus 2020.

youtuber erwin purba tambak

YouTuber Erwin Purba Tambak Dugaan Pelanggaran UU ITE

Direskrimsus Polda Sumut yang diteken Kombes Bambang Rubianto, SH dalam surat pemanggilan itu menyebut, sesuai surat perintah penyidikan yang tertuang dalam Sp Lidik/780/VIII/2020 tertanggal 14 Agustus 2020, sehubungan dengan surat rujukan itu diminta kepada YouTuber Erwin Purba Tambak agar dimintai keterangan dalam perkara dugaan tindak pidana setiap orang dengan sengaja atau tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar penghinaan dan atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam pasal 45 ayat 3 Yo pasal 27 ayat 3 Undang-undang RI nomor 11 tahun 2008 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 19 tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

youtuber erwin purba tambak3

Dukung Penuh Upaya Polda Sumut

Untuk kepentingan penyidikan, kata Kombes Bambang Rubianto, diminta agar terlapor atas nama Erwin Purba Tambak diminta menemui penyidik Kompol Putra Jan Purba SH dan penyidik pembantu Bripka M Zulfanuddin SH pada Senin (14/9/2020) pukul 10.00 WIB di ruangan Subdit V (Lantai 2) Direskrimsus Polda Sumut yang diteken dalam surat tertanggal 7 September 2020.

youtuber erwin purba tambak4

Penyidik Polda Sumut Harus Fair

Meski belum jelas materi penyidikan itu, namun menurut H Simamora, DR, Ketua Lembaga Peduli Rakyat Sumatera Utara (LPRSU) yang dihubungi terpisah menyebut pihaknya mendukung penuh upaya Polda Sumut untuk menangani masalah ini.

Nama Baik YouTuber Dipulihkan

Namun, Simamora berharap, agar penyidik Polda Sumut bisa fair, bersikap adil dan tidak memihak terhadap pihak manapun terhadap persoalan yang menimpa YouTuber Erwin Purba Tambak.

Ini perlu, kata Simamora yang dihubungi Minggu (13/9/2020), agar nama baik YouTuber Erwin Purba Tambak bisa dipulihkan.

”Karena yang kami kenal YouTuber Erwin Purba Tambak selalu memosting ke media sosial terkait masalah-masalah lingkungan dan kerusakan hutan di Sumatera Utara.”

”Intinya kita mendukung penuh upaya Polda Sumut menuntaskan persoalan ini hingga ke akar-akarnya. Jika salah katakan salah, jika benar katakan benar. Pihak penyidik Polda Sumut jangan ada main mata dalam perkara ini,” harap Simamora.

youtuber erwin purba tambak5

Terkait Penebangan Hutan di Dolok Silau

Sekadar diketahui, postingan YouTuber Erwin Purba Tambak dengan nama akun @APBD WATCH memosting kegiatan sebuah perusahaan di hutan Tulpang Nagori Marubun Lokkung Kecamatan Dolok Silau Kabupaten Simalungun.

Diduga ada kegiatan perambahan hutan dengan penebangan kayu dan dijual ke Medan.

Menurut postingan itu, kayu di hutan yang berumur ratusan tahun ditebangi dengan dalih penghijauan dan diganti dengan pohon sengon sebagai penggantinya.

Adanya pihak-pihak yang merasa ‘gerah’, hal inilah pulalah yang melatarbelakangi YouTuber Erwin Purba Tambak dilaporkan ke Polda Sumut.

BACA SELENGKAPNYA | Ayah Reynhard Sinaga Ternyata DPO Kasus Perambahan Hutan di Riau

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, ayah Reynhard Sinaga yaitu S Sinaga alias Saibun kini jadi sorotan publik. Sekadar diketahui Reynhard Sinaga calon doktor yang divonis predator pemerkosaan 48 pria di Inggris belakangan viral, hingga membawa-bawa keluarganya.

Tak pelak lagi, sang ayah Saibun Sinaga, diburu media hingga sosoknya muncul ke permukaan. Belakangan diketahui sang ayah dikabarkan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) yang ditetapkan penyidik PPNS Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemerintah Provinsi Riau.

reporter | jeremitaran
sumber | indeks

Related posts

Leave a Comment