Cek Kesiapan Pengawasan Tahapan Pilkada, Bawaslu RI Kunjungi Samosir

Anggota Bawaslu RI

topmetro.news – Anggota Bawaslu RI Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi, Fritz Edward Siregar SH LLM PhD, berkunjung ke Kabupaten Samosir, didampingi empat komisioner Bawaslu Sumut, Suhadi Situmorang, Hardi Munte, Henry Sitinjak, dan Marwan.

Kunjungan kerja anggota Bawaslu RI itu berlangsung selama dua hari (Sabtu-Minggu, 12-13 September 2020). Hal itu guna memastikan kinerja dan kesiapan seluruh anggota Bawaslu baik tingkat kabupaten serta desa seluruh Kabupaten Samosir yang sedang melaksanakan Pilkada.

Ketua Bawaslu Samosir Anggiat Sinaga bersama komisioner Robintang Naibaho dan Korsek Ritha Bakkara menyambut kunjungan itu. Pada kesempatan itu, Fritz memberikan arahan kepada Panwaslu Kecamatan di Samosir Cottage dan staf Bawaslu Kabupaten di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Samosir.

Kehadiran Fritz tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kunjungan kerja supervisi kesiapan Pilkada lanjutan tahun 2020. Sebelumnya, Fritz telah mengunjungi Bawaslu Serdang Bedagai, Siantar, dan Simalungun. Rencananya akan berlanjut ke Pakpak Bharat, Dairi, Karo, dan Binjai.

Fritz menegaskan pentingnya melakukan pengawasan sesuai dengan Protokol Covid-19. Panwaslu Kabupaten dan Kecamatan juga harus memahami bahwa regulasi antara Pemilu dan Pilkada berbeda. Sehingga nantinya bisa menjalankan tugas dan kewenangan berdasarkan aturan perundang-undangan.

Tanggung Jawab Sukseskan Pilkada

Fritz juga memaparkan, bahwa apa yang dilakukan saat ini oleh seluruh jajaran Bawaslu Republik Indonesia maupun yang ada di daerah, adalah suatu kewajiban, dan tanggung jawab bersama untuk mengsukseskan Pilkada.

“Tugas kita semua untuk memastikan pelaksanaan Pilkada 2020. Dan ini bukan hanya tugas Bawaslu saja. Namun kita semua baik itu KPU, pemerintah daerah, media, dan seluruh masyarakat. Nanti kita melihat apakah ada potensi masalah yang muncul dan apa yang menjadi perhatian kita. Karena setiap wilayah memiliki konteks yang berbeda-beda,” papar Fritz Edward Siregar, Minggu (13/9/2020), mengambil tempat Kantor Bawaslu Samosir.

Dalam kesempatan itu, Fritz menegaskan agar Bawaslu Samosir maupun panwas kecamatan hingga desa, tidak ragu melaksanakan tugas pengawasan. “Jangan takut dalam menjalankan tugas kawan-kawan. Ingat ini tugas kita bersama. Anda adalah bagian dari Keluarga Bawaslu,” tuturnya.

Sementara Ketua Bawaslu Samosir Anggiat Sinaga mengucapkan selamat datang kepada anggota Bawaslu RI bersama Bawaslu Sumut ke ‘Negeri Indah Kepingan Surga’.

Anggiat Sinaga bersama komisioner yang menangani hukum, penindakan, pelanggaran, dan penyelesaian sengketa, Robintang Naibaho, menyampaikan kesiapan untuk mensukseskan Pilkada Samosir 2020.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment