Hanya 10 Anggota DPRD Sumut Jalani Tes Swab

anggota DPRD Sumut

topmetro.news – Kehadiran para anggota DPRD Sumut untuk mengikuti tes swab (usap) di gedung dewan, Selasa (29/9/2020) masih rendah. Hingga pukul 12.00, tercatat hanya sekitar 10 orang dari 100 orang wakil rakyat itu yang bersedia menjalani tes tersebut.

“Sekitar 10 orang yang periksa swab, sisanya ada swab mandiri dan bersamaan waktu dengan kegiatan kunjungan kerja,” kata Kasubag Umum Sekretariat DPRD Sumut, Muda Sakti Lubis kepada wartawan

Menurutnya, pihaknya sudah memberitahu melalui saluran telepon, surat dan lisan jadwal pemeriksaan swab, namun hingga siang hanya sejumlah dari mereka yang bersedia diperiksa.

Terlihat Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sianggota DPRD Sumut, dan anggota Ahmad Hadian ikut memeriksakan bersama puluhan staf dan tenaga honorer.

“Yang saya lihat, lebih banyak tenaga honor dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tes swab dari para anggota dewan,” ujar Muda.

Menyebut nama-nama dewan yang hadir, Muda tak melihatnya persis, namun berdasarkan catatan GTPP tercatat hanya 10 orang.

Salah seorang petugas dari tim Dinas Kesehatan menyesalkan minimnya para anggota dewan yang di-swab. “Padahal tujuannya untuk kepentingan dan kenyamanan mereka sendiri,” ujarnya.

Baca Juga: Pelaku Pencemaran Nama Baik Anggota DPRD Sumut Jadi Tersangka

Tes swab ini dilakukan berdasarkan surat surat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, dengan nomor 414/GTCOVID-19/IX/2020 yang ditujukan kepada Ketua DPRD Sumut tertanggal 26 September 2020.

Ini dilakukan sehubungan dengan terpaparnya tiga anggota DPRD Sumut usai mengikuti rapat kerja (raker) yang digelar di Balige 16-19 September lalu.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. Disebutkan, ketiganya berasal dari Fraksi PDIP, Demokrat dan NasDem. Namun Baskami tidak berkenan menyebut nama-nama mereka, kecuali seorang di antaranya Dimas Tri Aji yang kini sudah menjalani isolasi mandiri.

Dimas Tri Aji kepada Waspada membantah dia terpapar sepulang dari raker di Balige.

“Saya menjalani swab mandiri di salah satu rumah sakit dan hasilnya positip, bukan dari raker Balige,” ujar anggota DPRD Sumut.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment