Menang Lagi, Miami Heat Tunda LA Lakers Raih Juara NBA

miami heat tunda
Advertisement

topmetro.news – Miami Heat memaksa game keenam final NBA 2020, seusai mengatasi Los Angeles Lakers 111-108. Dalam game kelima bertempat AdventHealth Arena, Orlando, Florida, Sabtu (10/10/2020).

Tiga menit terakhir pertandingan jadi periode terpanas game kelima, saat terjadi tujuh kali pergantian kepemimpinan. Hingga Heat unggul 109-108 lewat dua lemparan bebas Jimmy Butler dan pelatih kepala, Lakers Frank Vogel meminta waktu time-out pada sisa waktu 16,8 detik.

Vogel memasukkan Danny Green dengan harapan akurasi tripoinnya bisa terandalkan. Sebaliknya Erik Spoelstra melakukan perjudian besar, meminta Duncan Robinson melakukan pengawalan ganda terhadap LeBron James.

Perjudian itu terbayar lunas bagi Heat, sebab tembakan Green meleset dan bola kembali dalam penguasaan sebelum Tyler Herro terlanggar. Serta melesakkan dua lemparan bebas demi memastikan kemenangan 111-108 atas Lakers. Hasil itu sekaligus kali pertama Lakers menelan kekalahan pada fase playoff. Saat mengenakan jersey khusus edisi penghormatan terhadap Kobe Bryant.

Dengan kemenangan kali ini, Heat memperkecil ketertinggalan mereka pada seri final NBA 2020 jadi 2-3 dari Lakers, demikian catatan laman resmi NBA. Game keenam terjadwalkan berlangsung pada Minggu (11/10) waktu setempat (Senin WIB).

Butler tampil sangat gemilang menyokong kemenangan Heat, dengan torehan triganda 35 poin, 12 rebound dan 11 assist ikuti Robinson yang mengemas 26 poin. Lewat keberhasilan melesakkan tujuh dari 13 percobaan tripoin sepanjang laga.

Sedangkan bagi Lakers, James dan Anthony Davis sama-sama membukukan dwiganda, masing-masing lewat 40 poin. Dan 13 rebound serta 28 poin dan 12 rebound.

Pertandingan berlangsung panas sejak awal. Dan Butler sempat terlibat kontak fisik dengan Dwight Howard, yang membuat kedua pemain jatuhi technical foul.

Sempat tertinggal 11-16 akibat reverse layup James, Heat bangkit untuk merebut kepemimpinan 22-18. Lewat tembakan dua angka Butler pada sisa waktu 2 menit 25 detik kuarter pertama. Layup James memangkas keunggulan Heat jadi 24-25 saat menutup kuarter pertama.

Miami Heat Kuasai Jalanya Pertandingan

Miami Heat kian menguasai jalannya pertandingan paada kuarter kedua berkat bantuan yang datang dari Tyler Herro, Kendrick Nunn dan Robinson untuk Butler. Sebuah three-point play, yang membukukan Butler pada sisa waktu 8 menit 18 detik, kuarter kedua membawa Heat memperlebar jarak keunggulan 41-30.

Akan tetapi, momentum kebangkitan meraih Lakers saat mereka meraup rentetan delapan poin tanpa balas. Untuk mendekati Heat 47-50 pada sisa waktu dua menit terakhir kuarter kedua, memaksa Erik Spoelstra meminta time-out. Selepas jeda Heat tampil lebih fokus, dan bisa menjaga keunggulan 60-56 saat menutup paruh pertama pertandingan.

LA Lakers memasuki kuarter ketiga dengan penampilan efisien, bahkan menyamakan kedudukan 70-70 lewat tripoin Kentavious Caldwell-Pope. Tetapi Butler menjawabnya lewat sebuah three-point play, yang membuat Heat menjauh 73-70.

Miaami Heat keluar dari tekanan Lakers ketika Jay Crowder, membukukan four-point play pada sisa waktu tiga menit. Untuk kembali menjauh 82-77 dan kuarter ketiga, tetap dalam kendali mereka dengan skor 88-82.

Dua menit memasuki kuarter pemungkas, Miami Heat sempat menjauh 93-82 lewat dua lemparan bebas Bam Adebayo. Tetapi momentum kebangkitan raih Lakers saat tengah kelelahan, yang mulai tampak mendera Butler.

Butler kehilangan bola saat melancarkan serangan dan James mengirimkannya untuk diselesaikan oleh Caldwell-Pope lewat tembakan tripoin yang membuat Lakers berbalik memimpin 97-96 pada sisa waktu 6 menit 20 detik.

Lakers sempat menjauh 99-96, tetapi tripoin Robinson, kembali membuat Miami Heat unggul 101-99 pada sisa waktu 3 menit 16 detik. Sejak itu laga berjalan ketat, mewarnai enam kali lagi pergantian kepemimpinan. Sampai akhirnya perjudian Lakers tak mampu mewujudkan Green, yang tembakan tripoinnya meleset dan Miami Heat kemudian memenangi laga 111-108.

reporter | yofe

Advertisement

Related posts

Leave a Comment