TNI Lahir dari Masyarakat, Jadi Harus Lindungi dan Membangun untuk Masyarakat

kegiatan menyentuh hati masyarakat

topmetro.news – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 wilayah Kodim 0208/AS berlangsung dengan berbagai kegiatan yang menyentuh hati masyarakat.

Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Dandim 0208/AS, mengatakan hal itu, Senin (13/10/2020), saat menanti kehadiran Brigjen TNI Darmono Susastro SIP selaku Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke 109 beserta rombongan ke Kabupaten Batubara.

Menurutnya, TNI itu lahir dari masyarakat. Jadi harus melindungi dan membangun untuk masyarakat. Melaksanakan kegiatan yang menyentuh hati masyarakat. “Dan kegiatan itu kita buktikan pada TMMD tahun ini. Yang berlangsung dari 22 September hingga 21 Oktober 2020,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan mereka pusatkan pada Desa Kwala Gunung Kecamatan Datuk Lima Puluh Kabupaten Batubara. “Dan pada TMMD ini ada kegiatan fisik dan non-fisik. Jadi, kepada semua yang terlibat dalam kegiatan harus menjaga kesopanan dalam berkomunikasi. Rendah hati dan jangan pernah menyakiti perasaan masyarakat baik secara lisan maupun fisik,” katanya.

TMMD untuk Pengabdian

Menurutnya, kegiatan TMMD ini adalah untuk pengabdian. Bukan ‘medan pertempuran’. Dan TNI bukan sedang angkat sejata melainkan mengangkat palu dan cangkul. “Dan misi kita pada TMMD ini untuk membangun dan memajukan. Bukan untuk menghancurkan dan bertahan,” jelas Dandim 0208/AS.

Dandim menambahkan, pada kegiatan TMMD tahun ini jangan lupa 3M. Yakni gunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. “Karena kita harus menghindari dari wabah penyakit Corona Virus (Covid-19),” katanya.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment