Intensifikasi Sampah, Pjs Bupati Madina: Kebersihan Adalah Sebagian dari Iman

intensifikasi pengangkutan sampah

topmetro.news – Menciptakan Kota Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal bersih, sehat, dan bebas sampah. Pjs Bupati Kabupaten Madina Ir H Dahler Lubis MMA bersama beberapa kepala OPD melakukan kegiatan intensifikasi pengangkutan sampah, Selasa (12/10/2020) pagi.

Amatan topmetro.news intensifikasi pengangkutan sampah tersebut selain oleh Pjs Bupati Madina Ir H Dahler Lubis MMA, terlihat juga Sekda Gozali Pulungan, Kadis Kominfo Drs Sahnan Pasaribu, Kadis Sosial Taufik Lubis, Kadis PU Subuki, Kadis Perkim Khairul, Kadis Perdagangan Jhon Amriadi, Kasat Pol PP Lismulyadi turut mengikutinya. Tanpa kehadiran Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Kasmir SPd.

“Kebersihan dan pengangkutan sampah ini merupakan tanggungjawab dan kegiatan rutin yang terus-menerus dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” terang Pjs Bupati Madina Ir H Dahler Lubis MMA kepada topmetro.news di sela pembersihan sampah di Pasar Lama Panyabungan.

Jadual Angkutan Sampah

Masih Dahler, sebetulnya ini kegiatan biasa. Hanya saja kalau selama ini pengangkutan sampah mulai pukul 08.00 WIB, maka sekarang berubah mulai pukul 05.30 WIB. Untuk kemudian selesai sekira pukul 07.00 WIB.

“Dan alasan mengapa waktu pengangkutan sampah ini kita ubah, sebab masyarakat ada yang membuang sampah pada malam hari. Jadi di Kota Panyabungan perlu diintensifkan,” sebutnya.

Lalu imbuhnya, pengakutan sampah yang selama ini hanya dua kali, kegiatannya akan bertambah menjadi tiga kali dalam sehari. “Pengangkutan kedua pukul 09.00 WIB dan yang ketiga sekira pukul 14.00 WIB. Sehingga sampah bisa terangkat semua,” tegasnya.

“Biasanya orang akan menilai sebuah kota itu dari pola kebersihannya. Makanya perlu maksimal dalam pengangkutan sampah bersama dengan petugas kebersihannya,” tegasnya.

Kemudian tambahnya, terkait masalah banjir, akan terus mereka perbaiki dan benahi. Supaya wajah Kota Panyabungan sebagai ibu kota Kabupaten Madina, mempunyai lingkungan bersih dan enak dalam pandangan mata.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh kecamatan, kelurahan, desa maupun kepala lingkungan. Serta berharap kepada seluruh masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Sebab, kebersihan adalah sebagian dari iman,” tandasnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment