Tradisi Unik Masyarakat Barus Dalam Perayaan Mengusir Bala

Perayaan Tolak Bala

topmetro.news – Lain lubuk lain pula ikannya. Pepatah ini pantas disematkan pada Perayaan Tolak Bala bagi Umat Islam di Kota Barus.

Bila di Aceh Singkil perayaan mengusir bala dilakukan dengan cara berzikir, namun hal itu agak berbeda dengan yang dilakukan masyarakat Barus Tapteng.

Pada Perayaan Tolak Bala Tahun 2020 ini, reporter topmetro.news mencoba melihat secara langsung keunikan perayaan pada kota dengan julukan ‘Kota Batuah’ itu.

Para warga, yakni masyarakat Desa Bukit Patupangan Kecamatan Baris Kabupaten Tapteng berkumpul pada tepi Pantai Kedai Tigo.

Selanjutnya mereka melakukan zikir. Kemudian pada akhir acara penolakan bala itu, seluruh masyarakat merapat ke tepi pantai dan melemparkan janur ke laut. Kemudian berlanjut dengan ‘siraman peuseujuk’.

Salah seorang tokoh agama desa setempat bernama Amal, menjawab konfirmasi reporter topmetro.news menjelaskan, bahwa perayaan pelemparan janur itu sudah berlangsung setiap tahun, sejak dulu.

“Ini adalah simbol pengusiran bala. Yang mana sejak jaman dulu sudah ada dan menjadi tradisi turun-temurun masyarakat Barus,” ucap Amal, Rabu (14/10/2020).

Janur Bertuliskan Doa

Sebelum melempar, katanya, terlebih dulu pada janur tersebut mereka tulisi doa pengusir bala. Sedangkan untuk peuseujuk itu, katanya, mereka siramkan kepada para masyarakat yang hadir. “Agar terlepas dari segala mara bahaya,” jelasnya.

“Kita berdoa kepada Allah SWT agar dihindarkan dari segala marabahya terlebih dari wabah Pandemi Covid-19 yang saat ini menyebar di seluruh penjuru indonesia,” imbuhnya.

Selain terkenal dengan keindahaan pantainya, Barus juga memiliki sejarah ‘Makam Aulia’ yang banyak terlihat pada seputaran Kota Barus. Objek sejarah itu jugalah yang membuat pelancong banyak yang datang berkunjung. Termasuk dari luar daerah.

Terlebih pada beberapa tahun lalu, Presiden RI Joko Widodo datang ke Barus dan meresmikan Tugu Titik Nol Islam Nusantara.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment