Inalum Bagikan 10.000 Masker dan Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Sumatera Utara

Inalum Bagikan Masker

topmetro.news– PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM kembali menunjukkan usahanya untuk melawan Covid-19 dengan bagikan bantuan 10.000 masker kain ke-20 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, Kamis (15/10/2020).

Dalam kegiatan distribusi Masker, INALUM dibantu oleh beberapa BUMN yang berdomisili di Provinsi Sumatera Utara sesuai dengan titik tujuan distribusi bantuan. Selain membagikan masker, INALUM juga memberikan edukasi kepada masyarakat di titik keramaian terkait dengan adaptasi kebiasaan baru (AKB) dan melaksanakan l3 M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga Jarak) serta perubahan perilaku baru standar protokol kesehatan di tengah pendemi Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, INALUM memberikan edukasi terkait pentingnya melakukan 3M yaitu Menggunakan Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan.

Inalum Bagikan Masker

“Pembagian Masker dan Sosialisasi ini merupakan upaya BUMN untuk terus mendukung berjalannya Adaptasi Kebiasaan Baru untuk menekan angka kasus Covid-19 khususnya di Provinsi Sumatera Utara,” tutur Ismail Midi selaku Kepala Departemen CSR INALUM sekaligus mewakili INALUM sebagai Koordinator Satgas Bencana BUMN Wilayah Sumatera Utara kepada topmetro.news.

Ismail menjelaskan, untuk melaksanakan ubah perilaku ini 10.000 Masker kain yang dibagikan merupakan produksi UKM setempat yang spesifikasinya sudah merujuk standar SNI yaitu terdiri dari material 3 lapis kain yaitu lapisan satu kain tahan air, lapisan kedua kain non-woven, serta lapisan ketiga adalah kain katun yang lembut dan nyaman untuk digunakan.

“Selain 10.000 masker kain standar SNI, melalui Satgas Bencana BUMN Sumatera Utara, BUMN juga membagikan 300 pcs kaos edukasi AKB, 100 papan edukasi AKB dan 3.300 lembar kantong dan pamflet edukasi AKB,” terang Ismail.

Dalam kesempatan terpisah, Deputi Sekretaris Perusahaan INALUM Mahyaruddin AR menjelaskan bahwa kegiatan pembagian masker dan edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru ini juga merupakan amanat dari Kementerian BUMN.

“INALUM selaku Koordinator Satgas Bencana BUMN Wilayah Sumatera Utara ditugaskan oleh Kementerian BUMN untuk mengkoordinir BUMN di Sumatera Utara dalam membagikan bantuan sebanyak 10.000 masker dan melakukan edukasi adaptasi kebiasaan baru kepada masyarakat di Wilayah Sumatera Utara, kami berharap bantuan dan edukasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk menjaga protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dan melaksanakan 3M dalam adaptasi kebiasaan baru,” ujar Mahyaruddin.

Selain itu, Mahyaruddin menambahkan bahwa bantuan dan edukasi adaptasi kebiasaan baru ini dilakukan pada 20 Kabupaten/Kota di wilayah Sumatera Utara yang meliputi Batu Bara, Dairi, Binjai, Gunung Sitoli, Padang Sidempuan, Pematang Siantar, Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan, Mandailing Natal, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, dan Tapanuli Utara.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Mebidang Beri Sanksi Cafe Pelanggar 3M dan Perilaku Baru

Salah satu penerima bantuan masker yaitu Fikri selaku masyarakat Desa Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara menyampaikan apresiasinya kepada INALUM.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kepedulian BUMN khususnya INALUM yang telah banyak membantu masyarakat selama masa pandemi Covid-19 ini, INALUM telah memberikan bantuan banyak sembako dan masker kepada masyarakat dan hal ini sangat membantu kami dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini,” ungkap Fikri.

Sebagai informasi, sejak bulan Maret 2020 lalu, INALUM sudah melakukan berbagai usaha untuk melawan pandemi Covid-19 melalui penyemprotan disenfektan, membagikan masker, hand sanitizer, memasang wastafel portable, membantu rapid test dan APD Kesehatan di puskesmas serta bantuan sarana dan prasarana RSUD Kabupaten Batu Bara.

Penulis | Erriss J Napitupulu
Medan- Sumatera Utara

Related posts

Leave a Comment