Pemkab Aceh Singkil Galakkan Sektor Pertanian

kelompok tani Aceh Singkil

topmetro.news – Ribuan bibit sawit yang dikelola Dinas Perkebunan Aceh Singkil mulai didistribusikan kepada kelompok tani di Aceh Singkil.

Penyerahan bibit langsung oleh Bupati Aceh Singkil Dulmusrid berlokasi pada lahan pembibitan Desa Kampung Baru Kecamatan Singkil Utara.

Dinas Perkebunan Aceh Singkil melakukan pembibitan sejak Januari lalu dengan jumlah yang dibibitkan sebanyak 50 ribuan.

“Hari ini saya berkesempatan menyerahkan bibit sawit kepada kelompok tani. Semoga bermanfaat untuk petani Aceh Singkil,” ucap Dulmusrid pada saat acara, Selasa (3/11/2020).

“Mengingat saat ini wabah Pandemi Covid-19 berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, kita berupaya dari segala lini untuk menggejotnya termasuk dari sektor pertanian,” sambungnya.

Selain itu, ucap Dulmusrid, sesuai dengan jargon Dulsaza yakni Cerdas, Sehat dan Sejahtera menjadi prioritas pemerintahan mereka saat ini.

Sementara itu Kadis Perkebunan Zulkifli menambahkan, sedikitnya ada enam kelompok yang menerima bibit pada kesempatan hari ini.

“Iya. Ada enam kelompok yang menerima. Selanjutnya nanti akan diserahkan kepada dua kelompok. Yakni pagi dan sore setiap harinya,” kata Zulkifli.

Sedikit ada 50 ribu bibit yang akan terbagikan kepada masyarakat. Untuk kelompok akan menerima 175 bibit per hektarnya. “Penerima bibit ini adalah kelompok yang sudah kita verifikasi sebelumnya,” katanya.

“Hari ini Pak Bupati sudah menyerahkan secara simbolis kepada beberapa kelompok tani. Selanjutnya kita akan bagikan ke kelompok tani yang lain,” tutur Zulkifli lagi.

Petani Bersyukur

Pada sisi lain, salah seorang Ketua Kelompok Tani Tahrim mengatakan bersyukur telah mendapat bantuan bibit sawit untuk petani Aceh Singkil.

“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah daerah. Dan juga dinas perkebunan yang telah membantu petani di Aceh Singkil,” tutur Tahrim.

“Kami sangat terbantu sekali dengan bantuan ini. Mengingat para petani saat ini merasakan dampak wabah Pandemi Corona Virus. Tidak banyak yang bisa dilakukan para petani di masa Pandemi Covid-19, selain harus disuport oleh pemerintah,” imbuhnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment