Pasien ke 5 Positif Covid-19 di Aceh Singkil Meninggal Dunia

pasien Corona Virus

topmetro.news – Kembali satu pasien reaktif Corona Virus di Aceh Singkil dinyatakan meninggal dunia. Hal ini sebagaimana pernyataan Plt Kadis Aceh Singkil Nurman melalui siaran persnya kepada awak media.

“Benar seorang pasien reaktif Covid-19 meninggal tiga hari yang lalu. Pasien inisial D 54 tahun laki-laki asal Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil. Ia memiliki riwayat penyakit,” ucap Nurman, Minggu (29/11/2020).

Kronologis Pasien

Lanjutnya, ada pun kronologisnya, bahwa pasien D (54) merupakan seorang nelayan. Satu bulan yang lalu, pasien pergi berobat ke RSUD Kabupaten Aceh Singkil, karena masalah penyakit Hepatitis B.

Tanggal 9 November 2020, pasien D kembali ke RSUD Kabupaten Aceh Singkil karena lemas. Pasien mengalami Hb rendah dan harus menjalani transfusi darah. Tanggal 10 November 2020, pasien rujuk ke RSUD ZA Banda Aceh. Saat itu kondisi pasien semakin memburuk. Yang mana sel darah putih pasien lebih dominan dari pada sel darah merah.

Setelah itu pada tanggal 12 November 2020 pasien sampai ke RSUD ZA Banda Aceh. Kemudian pasien menjalani pemeriksaan swab. Lalu, pada hari itu juga hasil swab keluar. “Tanggal 15 November 2020 pasien sudah membaik dan sudah bisa pulang ke rumah,” terangnya.

Lebih lanjut Nurman, upaya yang telah dilakukan Tim Dinas Kesehatan Aceh Singkil yang berkoordinasi dengan Tim Puskemas Singkil Utara melalui petugas Surveilans Puskemas, antara lain adalah melakukan wawancara via telpon dengan salah satu anggota dari keluarga pasien. Hal itu untuk mengetahui perjalanan kasus penyakit pasien. Dan kemudian mengkoordinasikan dengan Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil.

“Dalam tracking hal ini ditemukan kontak erat dengan kasus terkonfirmasi positif atas nama D (58) di Desa Gosong Telaga Utara Kecamatan Singkil Utara sebanyak 20 orang. Namun tidak ada yang bergejala. Dan sudah kami anjurkan untuk melakukan isolasi mandiri dalam rumah,” imbunya.

Dari hasil pantauan reporter topmetro.news, sampai November sedikitnya sudah ada lima warga Aceh Singkil yang meninggal dunia akibat Covid-19.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment