Pjs Bupati Madina Tinjau Pembangunan Jembatan dan Sanitasi Air Bersih

Pjs Bupati Madina melakukan

topmetro.news – Pjs Bupati Madina Ir H Dahler Lubis melakukan peninjauan pembangunan jembatan Kecamatan Tambangan, Selasa (1/12/2020). Sebelumnya, pjs bupati menyalurkan bantuan 4.000 ribu bibit Pisang Barangan kepada dua kelompok tani yang ada pada Desa Aek Marian Kecamatan Lembah Sorik Marapi (LSM) Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Pjs Bupati Madina Ir H Dahler Lubis bersama rombongan terdiri atas Asisten II Drg Ismail Lubis, Kadis Pertanian Siar Nasution, Kadis PUPR Subuki Nasution, dan Kadis Perkim Khairul ST setibanya ke lokasi pembangunan Jembatan Tambangan, langsung memeriksa kondisi pembangunan jembatan yang terlihat progresnya sudah mencapai 98 persen.

Kepada topmetro.news, Ir H Dahler Lubis bersama Kadis PUPR, Subuki Nasution mengatakan, pembangunan Jembatan Tambangan ini sudah hampir rampung. Sebentar lagi akan dapat dipergunakan masyarakat tujuh desa yang ada di seberang Batang Gadis.

“Alhamdulillah. Dengan waktu yang tidak lama lagi, Jembatan Tambangan ini akan rampung pengerjaannya. Dan akan segera bisa dipergunakan masyarakat. Intinya, setelah melakukan perjuangan untuk mempertahankan anggaran agar jembatan ini terbangun, kini telah terealisasi,” ujarnya.

“Semoga saja, jembatan ini akan dapat menggeliatkan kembali warga kita yang ada pada seberang Batang Gadis untuk membawa hasil pertaniannya demi meningkatkan perekonomian mereka. Seperti hal inilah gunanya pemerintah ada untuk masyarakat,” tegasnya.

Sementara Kadis PUPR Madina Subuki Nasution menambahkan, sebenarnya pembangunan jembatan ini merupakan lanjutan dari pembangunan awal. Yang mana pada tahun 2018 lalu terkena musibah alam yakni hanyut terbawa arus sungai.

“Setelah bersama masyarakat Kecamatan Tambangan berjuang, dengan kuatnya dukungan warga, akhirnya pengalokasian dana yang kita masukkan tahun 2019 lalu untuk pembangunan jembatan ini. Di tahun 2020 ini baru dapat kita realisasikan walaupun saat ini kita sedang dilanda Pandemi Covid-19,” terangnya.

Menjawab pertanyaan wartawan kapan kah jembatan ini rencananya akan berfungsi. Subuki Nasution menerangkan bahwa Jembatan Tambangan tersebut, sesuai perkiraan akan berfungsi Bulan Desember 2020 ini.

Tinjau Air Bersih

Pjs Bupati Madina Ir H Dahler Lubis saat melakukan peninjauan pembangunan sanitasi air bersih di Desa Purba Lamo Kecamatan LSM | topmetro.news

Selesai melakukan tinjauan pembangunan Jembatan Tambangan, Pjs Bupsti Madina bersama rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya. Melakukan peninjauan air bersih ke Desa Purba Lamo Kecamatan Lembah Sorik Marapi.

Di Desa Purba Lamo, Pjs Bupati Madina Ir H Dahler Lubis sempat melakukan uji coba menggunakan sarana air bersih yang dibangun oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Madina didampingi oleh Kadis Perkim Madina Khairul, ST.

Dan saat meninjau langsung bak air penampungan, Ir H Dahler Lubis yang juga merupakan putra asli Madina tepatnya berasal dari Desa Pagaran Tonga Kecamatan Panyabungan Selatan, bertanya kepada Kadis Perkim dan pendamping atau fasilitator Pamsimas Kecamatan LSM, dari mana asal air. Lalu, apakah airnya bisa jadi konsumsi warga. Serta saat ini sudah berapa rumah tangga tersaluri air bersih.

Kadis Perkim bersama fasilitator menjawab bahwa sumber air berasal dari mesjid yang jaraknya dua kilometer dari lokasi bak penampungan. Lalu terkait apakah air bisa untuk minum, Khairul menjawab berdasarkan hasil laboratorium, air bersih ini bisa konsumsi warga.

Kemudian tambahnya, saat ini untuk Desa Purba Lamo Kecamatan LSM baru 24 rumah tangga yang tersaluri air bersih. Dan sambungnya, untuk berikutnya akan mereka tambahi guna memenuhi 100 KK lebih rumah warga yang ada pada desa tersebut.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment