Moms, Ini Resep Bikin Es Cendol Legit. Cobalah

es cendol

TOPMETRO.NEWS – Anda tahu nggak? Hari pertama kunjungan Raja Arab Saudi di Istana Bogor tempo hari, ternyata diwarnai sejumlah kuliner tradisional khas Indonesia. Salah satunya es cendol ini, loh.

Minuman yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan gula merah cair ini, berhasil menarik perhatian sejumlah rombongan kerajaan. Hal ini tentu saja berkat rasa manisnya yang unik, serta sensasi gurih yang menggoda.

Nah, jika Anda ingin menikmati minuman itu di rumah, berikut resep lengkap membuat es cendol legit, sebagaimana dilansir spiritriau, sesaat lalu. Selamat mencoba ya moms.

Resep Bikin Es Cendol

Bahan-bahan:

750 ml air daun suji

1 sdt air kapur sirih

1 bungkus tepung hunkwee

500 gram gula merah, iris

250 ml air

800 ml santan sedang

2 sdt garam halus

2 lembar daun pandan

300 gram tapai singkong, potong-potong

300 gram nangka, potong-potong

Es batu secukupnya

Cara membuat

1. Campur air daun suji dan air kapur sirih. Aduk, lalu saring. Satukan dengan tepung hunkwee. Aduk rata dan masak di atas api sambil diaduk-aduk sampai kental dan matang. Angkat;

2. Cetak adonan hunkwee menggunakan cetakan cendol ke dalam air dingin matang. Sisihkan. Masak gula merah dengan air sampai gula hancur. Angkat lalus aring. Dinginkan dan sisihkan;

3. Masak santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Angkat dan dinginkan. Ambil beberapa gelas saji, masukkan tapi singkong, cendol, dan nangka. Siram dengan santan. Beri es batu, lalu siram dengan air gula merah.(sp)

Related posts

Leave a Comment