Bawaslu Samosir Menggelar Rapat Kerja Teknis

Bawaslu Kabupaten Samosir

topmetro.news – Jelang pelaksanaan Pilkada 2020, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Samosir menggelar Rakernis (Rapat Kerja Teknis) Pengawasan Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi Suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir 2020.

Kegiatan yang berlangsung, Selasa (1/12/2020) itu, mengambil tempat, Hotel Sitiotio, Siogung-ogung, Pangururan.

Rakernis ini berfokuskan pada pengawasan kampanye dan Pemungutan Perhitungan Suara (Tungsura) yang sedang dan akan berjalan. Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan dan satu orang staf Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) se-Samosir, menjadi peserta Rakernis.

Ketua Bawaslu Kabupaten Samosir Anggiat Sinaga dalam sambutanya menyampaikan, ada beberapa hal yang harus jadi perhatian dalam melaksanakan pengawasan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara Pilkada kali ini. Antara lain, berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan, potensi pelanggaran pada tahapan ‘Tungsura’ dan ‘Sirekap’. Kemudian juga pemanfaatan ‘Siwaslu’ sebagai aplikasi hasil pengawasan.

“Awasi penerapan protokol kesehatan dan potensi pelanggaran pada tahapan ‘Tungsura’ serta aplikasi ‘Sirekap’. Manfaatkan secara maksimal aplikasi ‘Siwaslu’ sebagai aplikasi hasil pengawasan,” ujar Anggiat.

Sementara itu anggota Bawaslu Samosir Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Rianto Nainggolan mengingatkan kepada seluruh jajaran pengawas agar setiap kejadian yang terjadi pada saat pengawasan harus tertuang dalam form A.

“Hasil pengawasan harus dituangkan dalam form A dan Siwaslu. Koordinasi dan membangun pemahaman bersama seluruh jajaran pengawas Pemilu merupakan hal yang sangat penting. Guna tercapainya pengawasan maksimal dan pilkada berkualitas,” ujar Rianto.

Peserta Rakernis

Kegiatan rakernis menghadirkan pemateri dari KPU Samosir Gomgom Situmorang. Pada kegiatan tersebut juga hadir anggota Bawaslu Samosir Robintang Naibaho, Korsek Bawaslu Rita Bakkara, dan jajaran staf Bawalu Samosir.

Rakernis tersebut juga memuat sesi diskusi dan tanya jawab serta quis terkait pengawasan.

Dalam quis tersebut Tetty Naibaho (Ketua Panwascam Pangururan) mendapat Juara I, Ropen Sitanggang (Rongur Nihuta) sebagai Juara II, dan Martupa Sitanggang (Ronggur Nihuta) sebagai Juara III.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment