Ribuan Masyarakat Aceh Singkil Sudah Terima Dana UMKM Rp2,4 Juta dari Pusat

para pelaku UMKM

topmetro.news – Pemerintah pusat terus melakukan upaya dalam hal pencegahan dan penanggulangan wabah pandemi Corona Virus di Indonesia. Termasuk membuat kebijakan untuk meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM, yang mana selama masa Pandemi Covid-19 usaha anjlok.

Untuk pengentasan persoalan itu, pemerintah menggandeng pihak swasta, yakni BRI, dalam hal penyaluran dana bagi pelaku UMKM tersebut.

Seperti yang terlihat dalam wilayah Kabupaten Aceh Singkil. Sedikitnya sudah ada 2.600 lebih penerima bantuan UMKM dari pusat yang sudah mendapatkan.

Gelontoran bantuan uang tunai dari pusat itu adalah untuk membantu para pelaku UMKM. Dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat pada masa Pandemi Covid-19.

Kepala Unit BRI Singkil Mulia Akmal | topmetro.news

BRI Luar Aceh Singkil

Namun ada hal yang menarik disini, dimana para pelaku UMKM Aceh Singkil yang mendapat bantuan sebesar Rp2,4 juta tersebut, saat dicek nomor rekeningnya oleh cabang BRI terdekat ternyata pencairannya bukan disitu, melainkan di luar Aceh Singkil.

Seperti pengalaman seorang ibu rumah tangga bernama Lia, warga Desa Ujung Bawang. Ternyata dalam sistem menunjukkan, bahwa Lia terdaftar menerima bantuan pada BRI Cabang Barus Tapanuli Tengah.

“Saya heran padas istem, saya harus melakukan pencairan ke Tapanuli Tengah sana. Padahal saya masyarakat Aceh Singkil,” ucap Lia, Jumat (4/12/2020).

“Namun alhamdulillah. Menurut informasi, dana saya bisa cair pada BRI Singkil, setelah pihak CS sesama BRI sudah melakukan koordinasi. Dan hari ini saya sudah bisa melakukan pencairan. Dan tidak perlu jauh jauh ke Barus sana, sesuai informasi yang saya terima via SMS,” katanya.

Sementara itu Kepala Unit BRI Singkil Mulia Akmal menjawab konfirmasi reporter topmetro.news dari ruang kerjanya mengatakan, sedikitnya sudah ada ratusan penerima bantuan UMKM yang datanya sama seperti pengalaman Lia. dan kesemuanya sudah bisa dapat penanganan.

“Memang banyak penerima UMKM ini pada saat dicek oleh petugas bukan di BRI Unit Singkil pencairannya, namun itu sudah ditangani,” kata Akmal.

“Nanti petugas kita akan berkoordinasi dengan CS BRI dimana data penerima dikirim, agar penarikannya bisa dilakukan di Aceh Singkil ini,” sambungnya.

“Memang kemarin sempat terjadi miskomunikasi antara CS. Dan alhamdulillah sudah terselesaikan.Sehingga para penerima bantuan UMKM yang seharusnya menarik dana tempat nomor rekeningnya terdaftar, bisa kita alihkan ke BRI Unit Singkil,” masih kata Akmal.

“Bagi masyarakat yang menemukan kendala tersebut, bisa mengisi formulir ke teller penerima,” terangnya.

Kendala Lain

Namun, kata Akmal, selain itu masih ada juga kendala lain, yang mana dana tidak bisa cair. Termasuk karena masalah perbedaan NIK penerima bantuan. “Dan satu lagi data MB. Yaitu meski dalam eform namanya sudah terdaftar sebagai penerima bantuan, namun dananya belum masuk ke rekening,” tutup Akmal.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

One Thought to “Ribuan Masyarakat Aceh Singkil Sudah Terima Dana UMKM Rp2,4 Juta dari Pusat”

  1. khairina

    Saya ingin mendapatkan hak kami sebagai warga yg layak di bantu

Leave a Comment