Menkumham Nobatkan Pemkab Karo Jadi Kabupaten Peduli HAM dan Pelayanan Publik HAM

Pemkab Karo Peduli HAM

topmetro.news – Pemkab Karo kembali mendapatkan penghargaan dan penobatan sebagai Kabupaten Peduli HAM (Hak Azasi Manusia) dan Pelayanan Publik Berbasis HAM. Menkumham Dr Yasonna H Laoly menyerahkan penghargaan itu bertepatan pada Peringatan HAM se-Dunia ke-72 Tahun 2020.

Sudah keempat kalinya Pemkab Karo menerima penghargaan ini. Sebelumnya, pada 2017, 2018 dan 2019, juga pernah menerima award. Hal ini membuat Bupati Karo tetap gigih dan bersemangat mampu mempertahankan predikat peduli HAM ini.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH menyampaikan hal itu, usai menerima penghargaan tersebut. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut Sutrisno, Senin (14/12/2020), menyerahkan penghargaan dimaksud, di Kanwil Kemenkuham, Medan.

Bupati Karo saat itu bersama Ketua TP PKK Karo Sariati Sitompul. Juga, Kabag Hukum Monica Maytrisa Purba SH, Isna Lewi Tarigan SH Kasubbag Bantuan Hukum dan HAM, dan Incon Purba Saf Kasubbag Bankum dan HAM Karo.

Menurut Terkelin, predikat Peduli HAM yang diterima saat ini, karena Pemkab Karo dianggap mampu dan memiliki komitmen tinggi mengupayakan pemenuhan hak-hak dasar bagi warganya.

Bupati mengajak semua pihak, agar menjadikan momentum tersebut untuk meningkatkan motivasi semangat ASN dari tahun-tahun sebelumnya, guna memenuhi hak-hak dasar warga yang tidak bertentangan dengan HAM.

Siapa pun bupati yang terpilih nantinya, dihadapkan dengan tantangan tugas baru di tahun 2021. Dan semoga Pemkab Karo dapat kembali mempertahankan award peduli HAM.

“Mari tetap wujudkan implementasi melalui program-program pemerintah ke depan. Dan lebih memperhatikan regulasi dan budayakan kearifan lokal, Merga Silima, Rakut Sitelu, Tutur Siwaluh Perkaden-kaden Sepuluh Dua Tambah Sada. Hakekat inilah selama ini Pemkab Karo utamakan, demi meraih peduli HAM,” simpulnya.

Untuk itu, Bupati Karo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenkumham. Karena hingga saat ini Pemkab Karo masih dapat pengakuan dan mendapat kepercayaan penghargaan kriteria peduli HAM se-Indonesia, bersama 16 kabupaten/kota se-Sumut.

Daftar Peduli HAM

Sementara itu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut Sutrisno menyampaikan selamat bagi 16 kabupaten/kota yang meraih predikat peduli HAM dan Cukup Peduli HAM.

Ada pun ke 16 kabupaten/kota itu, masing-masing, Kabupaten Karo, Asahan, Batubara. Deliserdang, Labuhanbatu Utara, Langkat, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir. Tapanuli Selatan, Taput, Kota Binjai, Kota Pematangsiantar, Kota Sibolga, dan Kota Tebingtinggi.

Sedangkan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dalam sambutannya lewat virtual menyampaikan, dalam memperingati HAM se-Dunia ke-72 Tahun 2020 tidak seperti tahun sebelumnya.

“Biasanya dilaksanakan dengan meriah dan dihadiri ribuan orang. Namun saat ini tidak dapat terlaksana akibat Pandemi Covid-19. Tetapi kesempatan ini bukan mengurangi arti dan makna sesungguhnya kegiatan ini,” ucapnya.

Yasonna Laoly berpesan kepada daerah yang setiap tahun mendapat penghargaan agar tetap mempertahankannya. Sedangkan bagi yang belum mencapai Peduli HAM dan Cukup Peduli HAM, supaya lebih fokus lagi meningkatkan pemenuhan hak asasi warganya. Antara lain, dengan memberlakukan azas kesetaraan dan keadilan.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment