Reses I, Sobir Lubis SH: Kotasiantar Adalah Kampung yang Menjadi Prioritas

Kelurahan Kotasiantar Panyabungan

topmetro.news – Anggota DPRD Madina dari Fraksi Partai Golkar Sobir Lubis SH mengadakan reses I tahun sidang 2020-2021 di Kelurahan Kotasiantar Kecamatan Panyabungan, Kamis (17/12/2020).

Pantauan topmetro.news, pada reses di Sopo Godang Halaman Bolak kelurahan Kotasiantar tersebut hadir Lurah Syahnan Nasution SSos, pihak kerajaan, alim ulama, dan Naposo Nauli Bulung. Juga ada Dinas Pertanian Madina, Dinas Perkim, Dinas PU, Dinas Tenaga Kerja dan Bagian Kesra.

Lurah Kotasiantar dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Sobir Lubis atas pilihan lokasi reses ke Kotasiantar. “Sobir Lubis putra asli Kotasiantar. Maksud dan tujuan hanya dua arah, yang pertama menyerap aspirasi kita. Kedua, kepada masyarakat saya juga sangat berterimakasih karena telah meringankan langkahnya untuk menghadiri acara ini,” katanya.

“Mari kita sampaikan aspirasi kita terhadap anggota DPRD kita ini. Ini adalah hal yang jarang. Jangan kita sia-siakan,” pungkas Syahnan Nasution SSos.

Sobir Lubis SH dalam sambutannya menegaskan, bahwa Kotasiantar adalah kampung yang menjadi prioritasnya. Termasuk dalam hal kepedulian dalam berbagai macam kegiatan.

“Saya sangat tertarik dengan sambutan pihak kerajaan tadi. Sejak dahulu kala, kampung ini sudah dikenal dan berbeda dengan kampung yang lain. Di antaranya tempat tinggal alim ulama. Khusus Kotasiantar ini saya semi full time. Mana kala nanti ada aspirasi yang diajukan, saya berharap kita sama-sama bermusyawarah,” ujarnya.

“Dalam pertemuan ini saya berharap bagaimana kekompakan di lingkungan pemerintahan di kampung yang saya cintai ini. Artinya setiap kepala lingkungan wajib berjibaku. Untuk ke depan saya meminta jangan ada lagi kita yang masih melihat warna. Hilangkan perbedaan dan mari kita memandang bahwa Kotasiantar ini milik kita bersama,” pintanya.

Aspirasi Kotasiantar

Kemudian dari amatan topmetro.news, ada berbagai macam aspirasi yang disampaikan warga Kotasiantar. Antara lain, strategi pemberantasan narkoba, perbaikan jalan sentra produksi pertanian, permohonan bantuan bahan pertanian, perikanan, perbaikan lingkungan, gedung olahraga. Juga, permohonan pelatihan untuk NNB dan fasilitas jalan.

Menjawab aspirasi masyarakat tersebut, Ketua Komisi I DPRD Madina Sobir Lubis SH menegaskan dengan semangat dan konsisten akan membantu memperjuangkan beberapa aspirasi masyarakat Kotasiantar.

“Pertama saya ceritakan terlebih dahulu masalah kebijakan publik. Terkait ABPD Kabupaten Madina Tahun 2020 sebesar 1,7 triliun. Jika dikategorikan untuk pembangunan sangat minim, maka dibutuhkanlah lobi dari APBD Provinsi maupun APBN Pusat. Yang kedua menyangkut masalah pariwisata (cagar budaya). Itu perlu semacam regulasi peraturan daerah. Itu juga harus kita lobi ke provinsi bagaimana itu bisa terealisasi. Itu pun nanti wajib harus ada perda dari Kabupaten Madina. Itu sudah pas, saya di Komisi I menyangkut soal pendidikan dan pariwisata,” sebutnya.

Kemudian sambungnya, terkait masalah pertanian, sebenarnya ini semua bagaimana kesiapan lurah termasuk di Kotasiantar. “Dan Alhamdulillah. Baru beberapa bulan bertugas, tata kerja sudah terlihat. Sering saya ingatkan kunci keberhasilan kita adalah kebersamaan. Saya harap kepada kepala lingkungan agar membentuk tim, di antaranya merangkul alim ulama, pemuda di setiap lingkungan. Dan di setiap lingkungan ciptakan kelompok tani. Untuk biaya notaris saya yang tanggung,” paparnya.

“Terkait perikanan, saya minta maaf. Secara kabupaten saya belum bisa mengkaji. Kita berbicara di kelurahan ini saja. Andai kata ada itikad baik, kita untuk kebersamaan, lokasi saya ‘Silangit Koi’ bersedia menampung. Jika butuh benih ikan mas, silahkan ambil ke Silangit Koi. Pas nanti panen kita berhitung. Jika tidak ada modal butuh pakan, saya juga mau kerja sama,” urai Sobir Lubis.

Pelatihan Kerja NNB

Kemudian untuk pelatihan kerja kepada NNB, Sobir minta harus lebih serius dalam segala hal. “Jangan nanti pas kita bubar sudah lupa. Jangankan sebagai anggota DPRD, sebagai masyarakat biasa saya akan berusaha untuk membangun kampung ini sepanjang Tuhan memberikan rezeki kepada saya,” ujarnya.

“Segera koordinasi dengan lurah. Gaji saya akan saya sisihkan untuk kepling per bulan. Ini janji saya. Tapi harus bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab,” tambahnya.

Sebagai informasi, Kotasiantar merupakan salah satu basis suara Sobir pada saat Pemilihan Legislatif 2019 kemarin. Bahkan Kotasiantar itu merupakan tempat kelahiran dan tempat tinggal keluarga besarnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment