Ingin kembangkan BUMDes, Kades se-Kecamatan Singkil Utara Aceh Singkil Lakukan Rakordes

Para kepala desa

topmetro.news– Para kepala desa se-Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil melakukan studi tour ke Daerah Kepulauan Banyak tepatnya di Desa Teluk Nibung Kecamatan Pulau Banyak.

Studi tour dengan fasilitas dari kecamatan itu berlangsung, karena para kepala desa tersebut ingin melihat secara langsung budidaya penyu. Sehingga nantinya BUMDes se-Kecamatan Singkil Utara bisa melakukan pengelolaan budidaya penyu.

“Hari ini kita melakukan rapat koordinasi desa ke Kecamatan Pulau Banyak. Selain mengunjungi BUMDes Pulau Baguk yang sudah mandiri, tim juga menyempatkan diri melihat secara langsung budidaya penyu,” ucap Amril AR Camat Singkil Utara, di sela sela acara, Minggu (20/12/2020).

Dalam rakordes kali ini, camat mengharapkan para pemerintah desa se-Kecamatan Singkil Utara dapat mengambil ilmu pengembangan BUMDes di Kepulauan Banyak ini. Sehingga kemudian nantinya masing-masing bisa mengembangkannya di desanya.

“Bila kita lihat secara teritorial, Kecamatan Singkil Utara dan Kecamatan Pulau Banyak hampir sama. Yakni dikelilingi laut. Akan sangat memungkinkan bagi pemerintah desa mengembangkan BUMDes di bidang destinasi wisata,” tuturnya.

Ilmu dari Rakordes

Lanjutnya, pada kesempatan kali ini, alhamdulillah, Bupati Aceh Singkil bisa membuka langsung acara rakordes itu. Sehingga memberikan nuansa yang berbeda dan semangat bagi para kepala desa untuk mengembangkan BUMDes masing-masing.

BACA JUGA | Mendekati Perayaan Natal dan Tahun Baru, Tim Gugus Tugas Aceh Singkil Rapat Evaluasi Covid-19

“Sangat banyak ilmu yang bisa dipetik dari kegiatan rakordes ini. Terkhusus dalam pengembangan BUMDes. Para kepala desa bisa melihat budidaya penyu dan berkesempatan melakukan pelepasan ke alam liar,” tutupnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment