Zhong Shanshan Jadi Orang Terkaya di Asia, Ini Jumlah Kekayaannya

Jadi orang terkaya

TOPMETRO.NEWS – Jadi orang terkaya di Asia, setidaknya itu menurut indeks miliarder Bloomberg, Taipan China Zhong Shanshan. Dialah yang selama ini dijuluki sebagai Lone Wolf selanjutnya dinobatkan sebagai orang terkaya baru di Asia dan orang terkaya ke-11 di dunia.

Zhong Shanshan berhasil melompati kekayaan Mukesh Ambani dari India dan Jack Ma sesama warga China, dengan kekayaan yang dimilikinya tercatat melonjak hingga 7 miliar Dolar AS (Rp 98 triliun) tahun ini, dan total mencapai 77,8 miliar Dolar AS (Rp 1 kuadriliun).

Karier pria 65 tahun ini dititi mulai dari media massa, pertanian jamur dan perawatan kesehatan. Kemudian, pada April 2020 saat pandemi virus corona merebak di dunia, Zhong Shanshan membawa produsen vaksin Beijing Wantai Biological melantai di bursa saham.

Perusahaannya termasuk kalangan pengembang vaksin Covid-19.

Tiga bulan kemudian, dia melakukan hal yang sama dengan Nongfu Spring. Perusahaan air kemasan miliknya itu secara terbuka didaftarkan di pasar saham Hong Kong.

Lonjakan kekayaannya itu membawa Zhong Shanshan ke posisi orang terkaya pertama di Asia. Dia juga salah satu orang dengan akumulasi kekayaan tercepat dalam sejarah, menurut Bloomberg. Julukan Lone Wolf (Serigala Penyendiri) disematkan kepadanya karena tetap rendah hati dalam dunia bisnis, dan jarang tampil di depan umum atau berbicara ke media.

“Saya orang yang menyendiri, dan saya tidak peduli apa yang dilakukan atau dipikirkan rekan-rekan saya,” kata Shanshan suatu saat, dikutip dari The Sun pada, Kamis (31/12/2020). Lahir pada 1954 di Hangzhou, Shanshan kuliah di Universitas Terbuka China.

Dia juga bekerja sebagai reporter surat kabar pada 1980-an, lalu mendirikan perusahaan farmasi Yangshengtang Co Ltd. Zhong Shangsan berhasil menggeser Jack Ma lantaran valuasi bisnis bos Alibaba itu turun, akibat meningkatnya pengawasan dari regulator China.

Alibaba diselidiki atas klaim monopoli dagang. Sementara afiliasinya, Ant Group, memblokir daftar pasar saham bumpernya pada November. Kekayaan Jack Ma lalu turun dari 61,7 miliar Dolar AS (Rp 866 triliun) pada Oktober, menjadi 51,2 miliar Dolar AS (Rp 718 triliun).

TOPIK SERUPA | Kisah Pria Terkaya di Indonesia, Awalnya Tinggal di Kandang Ayam

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, pria terkaya di Indonesia, Forbes baru saja merilis daftar 50 orang terkaya tahun 2020 ini. Laporan itu menyebutkan kalau lebih dari setengah dari 50 orang terkaya Indonesia mengalami penurunan kekayaan dari 2019.

Total kekayaan orang terkaya ini turun 1,2 persen dari 2019 menjadi 133 miliar Dolar AS.

Mengutip Forbes, Jumat (10/12) yang dilansir Merdeka, Senin (14/12/2020) penentuan daftar orang terkaya di Indonesia memakai metode kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu, bursa saham, laporan tahunan dan analis.

penulis | jeremitaran
sumber | mistar/kpl

Related posts

Leave a Comment