Cegah Pungli, Polisi akan Tingkatkan Patroli

Cegah Pungli, Polisi akan Tingkatkan Patroli

Topmetro.news Polda Sumut dan jajaran akan meningkatkan sistem patroli untuk mencegah aksi pungutan liar atau pungli yang belakangan ini marak terjadi.

Seperti diketahui, aksi pungli dan pemerasan di kota Medan belakangan ini viral di media sosial. Korban pun diimbau untuk membuat laporan jika melihat dan mendapat aksi pungli guna memudahkan penyelidikan dan penyelesaian kasus.

“Kami akan meningkatkan patroli di kawasan-kawasan yang rawan pungli. Tapi, kami juga mengimbau seluruh korban untuk segera melapor ke kantor baik tingkat polsek atau polrestabes untuk selanjutnya kami tindaklanjuti,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Rabu (10/2/2021)

Menurut Hadi, meningkatkan patroli akan mampu membatasi ruang gerak para preman yang kerap melakukan pungli. Mobilitas petugas di lapangan dianggap dapat mencegah aksi kejahatan.

Sebelumnya, sejumlah aksi pungli di kota Medan viral di media sosial. Salah satunya, seorang pemuda memeras sopir truk dengan menggunakan samurai di kawasan Sunggal, Kota Medan beberapa waktu lalu.

Pelaku berinisial S (44) warga Desa Puji Mulio, Gang Amal, Kecamatan Sunggal Deliserdang, ditangkap petugas di seputaran Jalan Kompos, Gang Mangga, Senin (8/2/2021).

Kapolsek Medan Sunggal, Kompol Yasir Ahmadi mengatakan penangkapan tersangka berawal dari video viral pemerasan terhadap sopir truk yang melintas di kawasan Sunggal. Dalam aksinya, pelaku memeras sejumlah sopir truk yang melintas dan mengancam dengan sebilah samurai jika tidak memberikan permintaannya.

“Tersangka pungli sempat kabur usai videonya viral. Namun, kami berhasil mengamankannya di lokasi persembunyiaanya Jalan Kompos, Gang Mangga,” ujar Yasir, Rabu (10/2/2021).

Reporter | Dedi

Related posts

Leave a Comment