Rival Alibaba Akan Investasi di Tokopedia

TOPMETRO.NEWS – Rival utama Alibaba di Cina, JD, berencana mengucurkan investasi besar ke perusahaan dagang online Indonesia, Tokopedia, demikian diwartakan Bloomberg, Selasa (2/5/2017) dilansir dari Suara.com.

Negosiasi antara JD dan Tokopedia, seperti dikutip Bloomberg dari seorang sumber menolak identitasnya diungkap, masih dalam tahap awal. Tetapi keduanya sudah berbicara soal rencana investasi senilai ratusan juta dolar.

Investasi JD akan mengangkat nilai Tokopedia hingga melewati 1 miliar dolar AS, tambah seorang sumber lain mengaku mengetahui negosiasi tersebut.

Jika negosiasi ini sukses, maka Indonesia akan menjadi medan persaingan baru antara JD dan Alibaba. Indonesia sendiri adalah pasar potensial bagi bisnis e-commerce, dengan jumlah pengguna smartphone dan kelas menengah semakin meningkat.

Sebelumnya Alibaba sudah masuk ke pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dengan mengakuisisi Lazada Group, berbasis di Singapura.

Selain itu, menurut laporan Macquarie Research, pertarungan di bisnis e-commerce Indonesia juga akan diramaikan oleh masuknya Amazon, raksasa dagang online asal Amerika Serikat.

Masuknya Amazon akan memantik konsolidasi industri e-commerce di Indonesia yang pada 2020 nilainya akan menembus angka 65 milar dolar AS, dari hanya 8 miliar dolar AS saat ini.Meski demikian laporan Bloomberg ini belum ditanggapi baik oleh JD maupun Tokopedia.(TMN)

Related posts

Leave a Comment