Ini Kata Pengamat Bila PDIP tak Usung Ganjar Pranowo di 2024

capres potensial 2024

topmetro.news – Pilpres 2024 masih berjarak tiga tahun lagi. Namun, persemaian kandidasi capres potensial di 2024 sudah bermunculan. Berdasar survei teranyar LSI, ranking teratas masih Prabowo Subianto. Lalu menyusul sederet nama, antara lain, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, lalu Tri Rismaharini.

Kemudian ada beberapa nama lain sebagai tokoh baru yang saat ini menduduki posisi kepala daerah atau pemerintahan.

Direktur Eksekutif Indopolling Network Wempy Hadir menilai, tingginya elektabilitas Ganjar Pranowo dalam sejumlah survei, mestinya membuat PDIP mengkalkulasi ulang langkah-langkah politik yang akan mereka ambil. Sebab, Wempy menduga, nama Gubernur Jawa Tengah itu bukan lah prioritas pertama bagi PDIP, kendati memiliki elektabilitas yang tinggi.

Di PDIP, kata dia, ada Puan Maharani, putri Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang juga santer sebagai salah satu calon presiden atau calon wakil presiden potensial. “Nah, kalau PDIP memaksa untuk memajukan Puan Maharani, misalnya, saya khawatir akan ada manuver dari partai luar untuk men-take over Ganjar,” ujar Wempy dalam sebuah diskusi daring, Jumat (26/2/2021).

Wempy menyebut, ada potensi PDIP berkoalisi dengan Gerindra mengusung Prabowo Subianto dan Puan Maharani di Pilpres 2024. Jika demikian, ujar dia, maka ada potensi partai lain akan meminang Ganjar.

“Di sini nanti akan menjadi batu ujian bagi Ganjar. Apakah akan tetap setia kepada PDIP atau tidak,” ujar dia.

Sikap PDIP

Menanggapi tingginya elektabilitas Ganjar, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menyebut, partai akan menunggu terlebih dulu perkembangan hingga menjelang 2024 nanti. Termasuk, menunggu seperti apa perkembangan elektabilitas Ganjar Pranowo ke depannya.

“Kami akan tunggu. Tergantung dari Pak Ganjar juga bagaimana ia bisa meningkatkan elektabilitasnya. Dan teman-teman PDIP, maupun dari luar kami juga bisa,” ujar Djarot dalam acara rilis hasil survei LSI, Senin (22/2/2021).

BACA JUGA | Benar kah Prabowo-Anies Pasangan Terkuat di Pilpres 2024?

Djarot membantah anggapan yang kerap muncul bahwa tertutup peluang bagi Ganjar Pranowo untuk maju dari PDIP. Dia berujar, pada intinya penentuan calon presiden tak bisa berlaku sejak dini. Melainkan pada waktu yang tepat. “Artinya apa. Artinya 2024 masih terbuka bagi siapa pun juga,” kata Djarot.

sumber | tempo.co

Related posts

Leave a Comment