Bupati Madina Buka Konsultasi Publik Rancangan RKPD Tahun 2022

pimpinan OPD

topmetro.news – Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Madina agar bekerja lebih maksimal guna pencapaian dan peningkatan insfrastruktur. Hal itu untuk pertumbuhan ekonomi yang berujung pada kesejahteraan masyarakat.

Demikian penegasan Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution saat membuka acara forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, Selasa (2/3/2021). Kegiatan berlangsung di Bagas Godang Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik Marapi (LSM).

Dalam kesempatan itu Dahlan juga meminta agar para OPD dalam bekerja agar menggunakan hati. Begitu juga dalam penyusunan RKPD, para OPD harus lebih mengutamakan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya minta segera bentuk BUMD. Karena ini yang nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat ke depan,” harapnya.

Lanjutnya, terobosan-terobosan di beberapa sektor potensial harus menjadi target utama. Baik itu melalui ekonomi kretaif atau UMKM. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Madina di bawah naungan BUMD.

BACA | DPC IMA Madina Gelar Muscab Pengurus STAIN Madina

Potensi Kabupaten Madina

Bupati juga mengingatkan, bahwa Kabupaten Madina merupakan salah satu kabupaten yang berpotensi besar untuk berkembang. Baik itu dari sektor pertanian maupun pariwisata.

Di mana menurutnya, bila pengembangannya tepat, maka Kabupaten Madina mempunyai banyak potensi di bidang pariwisata. “Di mana kita melihat, potensi pariwisata kini ke depan dapat menjadi salah satu kunci pemicu dalam pertumbuhan ekonomi ke depan,” tandasnya.

Dalam laporannya, Plt Kepala Bapeda Madina Riswan Harahap menyampaikan, bahwa berdasarkan Permendagri No. 86 Tahun 2017 Pasal 80, bahwa Rancangan Awal RKPD dibahas dengan para pemangku kepentingan melalui forum konsultasi publik. Melibatkan perangkat daerah dan pemangku kepentingan.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD 2022,” jelasnya.

Dan tambahnya, pelaksanaan acara itu bertujuan untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan awal RKPD. Dan hasilnya nanti akan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan yang ditandatangani setiap unsur yang mewakili pemangku kepentingan.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment