Serangan ke AHY, Pengamat: Dari Awal, Demokrat Identik dengan Kudeta

mantan kader

topmetro.news – Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengingatkan pengurus partai untuk tak menganggap remeh Kongres Luar Biasa (KLB) sebagaimana suara sejumlah mantan kader dan elite Partai Demokrat.

Menurut Jerry, KLB bisa membuat persiapan Demokrat untuk Pemilu 2024 terganjal. Pasalnya, sejumlah kader yang mendeklarasikan KLB merasa memiliki partai dan mengeklaim telah berkeringat mendirikan partai.

“Saya lihat sebuah kesalahan fatal Partai Demokrat memecat Damrizal, Jhoni Marbun, dan sejumlah kolega mereka lainnya. Ini barangkali agak blunder bagi Demokrat. Memang ada 99 pendiri Demokrat. Tapi sejumlah pendiri tak bersama Partai Mercy Biru,” katanya, Kamis (4/3/2021).

Jerry melihat, gelombang arus penolakan terhadap kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan desakan take over partai tak bisa dianggap enteng. Karena belakangan, isu ini membawa sentimen kubu mantan Sekjen Partai Marzuki Alie serta petinggi PD Hencky Luntungan sebagai salah satu inisiator KLB.

“Memang saya nilai dengan keluarnya sejumlah nama seperti Max Sopacua, Roy Suryo, sampai Marzuki Alie partai ini mulai pincang. Belum lagi SBY tak 100% membesarkan Demokrat usai istri tercinta Ani Yudhoyono wafat,” ujarnya.

Kudeta di Demokrat

Di sisi lain, Jerry melihat, muncul pernyataan dinasti politik di Partai Demokrat juga ikut memperkeruh persoalan di tubuh partai ini. “Kudeta pun menyeruak di tengah publik. Ini bisa terjadi. Pasalnya, dari awal Partai Demokrat identik, atau sarat dengan kudeta.”

Jerry mengatakan, PD identik dengan kudeta setidaknya tampak dari dugaan pengambilalihan paksa kepemimpinan Anas Urbaningrum pada saat KLB 2013 di Bali. Tentang hal ini, Jerry mengatakan sudah ada ungkapan oleh para mantan petinggi partai seperti Jhoni Allen Marbun dan Gede Pasek Suardika.

BACA JUGA | Demokrat Sumut Tolak KLB Ilegal di Deli Serdang

“Mulai dari Ketum Pertama Prof Budi, Ketum Budi Utomo sampai Anas Urbaningrum. Dan terakhir AHY. Memang dari pendiri menyebut SBY bukan pendiri dan tidak berkeringat. Jadi ini modal kuat untuk menggoyang kepemimpinan AHY,” pungkas dia.

sumber | WE Online

Related posts

Leave a Comment