ASN Bisa Terima Tunjangan Pensiun Hingga Rp1 Miliar

Tunjangan pensiun ASN

topmetro.news – Tunjangan pensiun ASN berpeluang mencapai nilai hingga Rp1 miliar. Demikian pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Tjahjo Kumolo.

Soal hal ini, Tjahjo mengaku sudah membahasnya dengan PT Taspen. “Kami dengan Taspen juga sudah diskusi. Bagaimana kalau pensiunan ASN itu nanti dapat tunjangan Taspennya bisa enggak kalau mencapai Rp1 miliar?” kata Tjahjo.

Selain kenaikan pensiun ASN, Tjahjo menyebut, pihaknya juga sudah membahas kenaikan tunjangan kepala daerah dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Sebenarnya waktu kemarin saya selesai (menjabat) Mendagri sudah teken dengan Ibu Menteri Keuangan untuk peningkatan tunjangan kepala daerah. Sudah,” kata dia, Rabu (3/3/2021).

Akan tetapi, Tjahjo menjelaskan, adanya Pandemi Covid-19 membuat peluang peningkatan tunjangan pensiun ASN dan kepala daerah tertunda. Padahal, pemerintah sudah merencanakan kenaikan minimal gaji pokok hingga 80 persen tunjangan kinerja dan lain-lain.

“Tapi karena ada Pandemi Covid-19 inilah yang saya kira tertunda semua. Termasuk tunjangan kinerja, yang harusnya kami targetkan tahun ini sudah selesai semua,” kata Tjahjo.

“Saya kira sudah cukup. Cuma karena Pandemi Covid-19 saya kira berat,” tambahnya.

Kenaikan Tunjangan ASN

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo mengatakan, akan menaikkan tunjangan (ASN) pada 2021. Dengan kenaikan tunjangan itu, maka ASN mendapatkan penghasilan paling sedikit Rp9 juta.

“Insya Allah. Harusnya tahun ini, karena ada Pandemi Covid-19, tunjungan ASN juga kita tingkatkan maksimal. Jadi pegawai paling rendah ASN itu bisa minimal Rp9 hingga Rp10 juta,” kata Tjahjo Kumolo.

Namun, pemerintah masih melakukan kajian mendalam untuk menaikkan tunjangan ASN.

sumber | kompas.com

Related posts

Leave a Comment