Pemkab Asahan Gelar Musrenbang RKPD

Pemkab Asahan Gelar

topmetro.news – Pemkab Asahan gelar Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Asahan Tahun 2022 di Aula Melati, Selasa (30/3/2021).

Tampak hadir Asisten Administrasi Umum Sekdaprovsu HMFitriyus MSP, Bupati dan Wakil Bupati Asahan, Ketua DPRD Asahan, Dandim 0208 Asahan, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, Ketua PA Kisaran, Kapolres Asahan, Danlanal TBA, OPD, camat, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan undangan lainnya.

Fitriyus mengatakan, tema RKPD Provsu Tahun 2022 adalah, ‘Percepatan pemulihan ekonomi dan kehidupan bermasyarakat’. Dengan prioritas peningkatan kesempatan kerja dan berusaha, peningkatan akses dan mutu pendidikan, konektivitas antar pusat, pertumbuhan wilayah dan pusat, produktivitas, peningkatan sarana dan prasarana layanan kesehatan, peningkatan nilai tambah sektor agraris dan parawisata, peningkatan pelayanan sosial kemasyarakatan dan olahraga, regoemasi birokrasi, tata kelola pemerintahan dan layanan publik.

Target sasaran makro pembangunan Provsu Tahun 2022 adalah: Pencapaian target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,20 persen. Penurunan angka pengangguran terbuka menjadi 6,72 persen. Penurunan angka kemiskinan menjadi 8,40 persen. IPM meningkat menjadi 72,57. Gini Rasio menjadi 0,311. Laju inflasi kisaran 3,00. PDRB per kapita sebesar 39,18 juta dan nilai tukar petani 114,7.

Pemprovsu meminta agar pemkab/pemko menselaraskan program/kegiatan/sub kegiatan dengan program/kegiatan/sub kegiatan Provsu. Pemprovsu meminta dalam penyusunan prioritas pembangunan RKPD Tahun 2022 berdasarkan prioritas pembangunan dalam RPJM Nasional Tahun 2020-2024. Serta selaras dengan RPJMD provinsi/kabupaten/kota, mengacu pada rancangan RKP dan rancangan RKPD Provsu Tahun 2022.

Tujuan Musrenbang Asahan

Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan, tujuan Musrenbang RKPD untuk membahas rancangan RKPD Asahan Tahun 2022. Guna penyempurnaan rancangan awal RKPD berdasarkan renja perangkat daerah dan hasil penelaahan terhadap RKPD Provinsi, RKP dan program strategis nasional. “Tema Musrenbang RKPD kita tahun ini adalah ‘percepatan pemulihan ekonomi melalui peningkatan SDM dan infrastruktur publik menuju Asahan sejahtera, religius dan berkarakter’,” katanya.

Meskipun vaksinasi telah berlangsung kepada 5.720 orang, namun pemulihan ekonomi membutuhkan proses. “Kami berharap dengan infrastruktur yang semakin baik masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ekonomi dengan lancar. 10 program prioritas telah disusun saat kampanye Pilkada 9 Desember 2020, akan kita jadikan acuan dalam melaksanakan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Saya akan melakukan penilaian dan evaluasi terhadap masing-masing dokumen perencanaan yang saudara susun di tingkat perangkat daerah,” urai Bupati.

Narasumber dalam Musrenbang itu antara lain, Kajari Asahan Aluwi SH. Kabid Perencanaan Saran Prasaran Bappeda Provsu Fuad Perkasa SH. Kabid Pengwasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Provsu Partologi Panggabean AP. Kepala UPT Jalan dan Jembatan Provsu Muhammad Salim ST.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment