#

Razia Insidentil Gabungan Lapas Kelas IIB Panyabungan Aman dan Kondusif

razia di Lapas Panyabungan

topmetro.news – Dalam memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57, Kementerian Hukum dan HAM menggelar razia serentak di seluruh kantor wilayah di Indonesia. Termasuk razia di Lapas Kelas IIB Panyabungan, yang berlangsung, Selasa (6/4/2021) malam.

Kemudian, sebagaimana laporan, razia di Lapas Pengabungan aman dan kondusif.

Penyeludupan dan peredaran narkotika masih terjadi di Lembaga Pemasyarakatan maupun Rumah Tahanan. Meski berbagai tantangan dihadapi dalam upaya melakukan pembenahan, tahun 2021 ini menjadi momentum penting bagi jajaran pemasyarakatan untuk mengukuhkan komitmennya.

Dengan melibatkan aparat penegak hukum dari BNN dan kepolisian, razia kamar hunian WBP secara serentak berlangsung di seluruh Indonesia. Termasuk Lapas Kelas IIB Panyabungan.

Razia insidentil gabungan blok ini berlaku berdasarkan Surat Edaran Direktur Kamtib No. PAS.2-PK.02.10.02-143 tanggal 01 April 2021. Lima personil dari BNNK Mandailing Natal (Madina) dan tiga dari kepolisian ikut terlibat dalam razia itu.

Razia Kondusif

Kepala Lapas Kelas IIB Panyabungan Hamdi Hasibuan melalui Kasi Kamtib Hendria, kepada topmetro.news Madina, Rabu (7/4/2021), menjelaskan bahwa kegiatan razia tersebut berjalan aman dan kondusif.

“Kita tidak ada menemukan barang terlarang seperti narkoba. Hanya saja kita menemukan ada beberapa barang yang tidak boleh di dalam sel. Dan telah kita musnahkan dengan cara dibakar,” sebutnya.

Pada hari yang sama, razia serupa juga berlangsung di Rutan Klas IIB Singkil. Razia berlangsung di dalam sel para tahanan dengan pimpinan langsung oleh Kepala Rutan Aceh Singkil Azwir. Pihak kepolisian juga turut membantu jalannya razia.

Dalam razia itu, terdapat banyak barang tanpa ijin yang mereka temukan. Azwir pun langsung membenarkan hal tersebut, saat menjawab konfirmasi dari reporter topmetro.news.

“Malam ini kita melakukan razia di seluruh ruangan tahanan Rutan kelas IIB Singkil. Dan personil kita dibantu kepolisian mengamankan banyak barang yang dilarang saat penggeladahan,” ucap Azwir, Selasa (6/4/2021).

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment