Puluhan Pelaku UMKM di Kelurahan Sei Mati Medan Kian “Bergairah”

Puluhan Pelaku UMKM di Kelurahan Sei Mati Kian Bergairah

topmetro.news Lurah Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun. Fahrul Rozi SH mengatakan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayahnya terus berjalan dan berkembang.

“Saat ini sudah ada 30-an UMKM yang kita bina dan ini akan terus berjalan dan berkembang sesuai dengan arahan dari bapak Walikota,” kata Fahrul Rozi SH kepada Topmetro.news dikantornya, Selasa (27/04/2021).

Menurutnya, pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus memiliki perencanaan dan target yang jelas. Dan harus ada peningkatan usaha dari mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah, dan menengah menjadi besar.

“Disinilah kita perlu hadir. Agar para pengusaha UMKM tetap merasa diperhatikan dan diberikan kemudahan akses bagi para pengusaha UMKM,” tegasnya.

Ditambahkan Fahrul Rozi SH yang dikenal ramah dan bermasyarakat ini, pihaknya juga membantu pelaku UMKM untuk memasarkan dan mengembangkan usahanya.

“Dan yang harus segera dilakukan adalah membantu agar produk itu masuk e-katalog sesuai dengan arahan dari bapak Walikota kita,” paparnya seraya menambahkan perlu juga adanya pemetaan klasifikasi bagi para pelaku UMKM.

Fahrul Rozi melanjutkan, dari klasifikasi ini dibuat perencanaan yang jelas untuk meningkatkan skala usaha. Misalnya, dalam setahun terjadi 10 sampai 15 persen peningkatan usaha mikro menjadi kecil, kecil jadi menengah, dan menengah jadi besar.

“Kalau yang masih mikro, kecil, menengah akan kita bantu pengembangannya. Yang sudah besar, bisa kita peroleh dana CSR-nya,” sebut Fahrul Rozi.

Penulis | Marwan

Related posts

Leave a Comment