Lagi!! Pelaku UMKM Aceh Singkil Akan Terima BLT 1,2 Juta dari Kementerian

UMKM Aceh Singkil

topmetro.news – Pendaftaran penerima bantuan UMKM sebesar Rp1,2 juta per KK yang di mana masyarakat disuruh mendaftarkan diri di link yang disediakan Disperindag, Kop dan UKM Kabupaten Aceh Singkil berakhir pada Rabu (28/4/2021) pukul 24.00 WIB malam tadi.

Bantuan Langsung Tunai yang berasal dari pemerintah ini melalui cabang bank terdekat untuk membantu pada pelaku UMKM yang terdampak Covid-19.

Seperti yang dikatakan Kasi UKM Lisna Hayati kepada reporter topmetro.news yang di mana dikatakan pada tahap dua ini masyarakat yang mendaftar akan diberi bantuan tunai tersebut.

“Sesuai surat edaran dari Kementrian Koperasi dan UKM yang kita terima bahwa ada penambahan bantuan tunai yang di ploting oleh Pemerintah pusat untuk para pelaku UMKM pada tahun 2021 ini,” ucap Lisna, Rabu (28/4/2021).

“Bantuan uang tunai tersebut akan kita salurkan melalui Bank Aceh, bagi para masyarakat yang sudah mendaftarkan diri melalui link yang sudah kita share beberapa minggu yang lalu. Yakni melalui link http://bit.ly/DaftarBPUMAcehSingkil2021,” katanya.

Bantuan Tunai Kedua

Ini adalah kali kedua pemerintah menyalurkan bantuan uang tunai. Yang mana pada tahun 2020 yang lalu, ribuan masyarakat Aceh Singkil menerima bantuan sebesar Rp2,4 juta. Kemudian untuk tahun ini dapat lagi sebesar Rp1,2 juta bagi pelaku UMKM.

“Hanya perbedaannya kalau tahap pertama masyarakat langsung menyerahkan proposalnya ke dinas. Tahun ini kita permudah, cukup memasukkan persyaratan persyaratan melalui link yang kita sediakan. Mengenai kapan dana tahap dua ini disalurkan kita tidak tahu. Hanya menunggu informasi dari pusat,” lanjutnya.

“Untuk tahap dua ini memang sudah banyak yang mendaftar. Dan semuanya sudah kita verifikasi dan langsung kita entri ke pusat,” tuturnya lagi.

“Mengenai batasan, tidak ada. Hanya saja ada beberapa kriteria yang tidak boleh mendaftar. Seperti seorang ASN, memiliki pinjaman KUR di bank. Selain itu semua bisa mendaftar. Baik yang sudah mendapat bantuan pada tahap satu kemarin maupun yang tidak,” jelasnya.

Selain itu ucap Lisna, bahwa saat ini ada data yang masuk ke dinas dari para pendaftar tahap satu yang lalu yang belum menerima bantuan. Namun sudah lulus ada penambahan sebanyak 209 orang. Dan data mereka sudah ada di bank. Tinggal pembuatan rekening dan akan ada pemanggilan terhadap yang bersangkutan.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment