Disnaker Aceh Singkil Buka Posko Pengaduan THR Tahun 2021

Disnaker Aceh Singkil

topmetro.news – Disnaker (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Kabupaten Aceh Singkil membuat posko bagi para karyawan yang memiliki keluhan terkait THR (tunjangan hari raya).

Pembentukan itu Sesuai Surat Edaran Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk dengan No. 560/1079 tentang pembayaran THR dan pembentukan Posko Pelaksana THR Tahun 2021. Yang mana semua dinas di tiap kabupaten/kota se-Aceh membuat posko. Ini juga mengacu pada Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia dengan No. M/6/HK.04/IV/2021.

Hal ini berlaku, agar hak setiap karyawan perusahaan mendapatkan THR keagamaan. Dan setiap perusahaan wajib menyelesaikan kewajibannya terhadap karyawan.

Kabid Ketenagakerjaan Kabupaten Aceh Singkil Azma Syah Putri mengungkapkan hal ini kepada reporter topmetro.news akan adanya posko tersebut. “Hari ini kita sudah membuat posko pemantauan dan pengaduan THR keagamaan tahun 2021 di kantor dinas. Hal ini kita lakukan agar para karyawan bisa berkonsultasi atau mengadukan kendala mereka mengenai tunjangan hari raya tersebut,” ucap Azma, Kamis (29/4/2021).

Tujuan Posko

Bila mengacu pada surat edaran tersebut, dalam poin 6 yang berisi, “Dalam rangka memberikan kepastian hukum, mengantisipasi timbulnya keluhan dalam pelaksanaan pembayaran THR keagaaman tahun 2021, diharapkan kepada dinas yang membidangi untuk dapat membentuk pos komando dengan tetap memperhatikan prosedur.”

Sementara pada poin 7 tertulis bahwa pembentukan posko bertujuan:

  • Menerima pengaduan dari para pekerja/buruh terhadap perusahaan yang tidak memberikan THR.
  • Melakukan pemantauan pelaksanaan THR di perusahaan setiap kabupaten dankota.
  • Melaporkan data-data pelaksanaan THR di setiap perusahaan.

“Kita berharap dengan adanya posko ini, para pekerja dapat mengetahui akan haknya. Dan kita juga berharap pada pemberian THR tahun ini tidak ada kendala,” terang Azma Syah Putri.

“Para pekerja bisa menghubungi nomor kontak kita yang tertera di posko selaku petugas yang akan setiap hari melayani,” tutupnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment