Ketua DPRD Sumut Dorong Percepat Pembangunan Jalan Tembus Rumah Liang – Kabanjahe

Ketua DPRD Sumut mendesak

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting desak Pemkab Karo agar mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan pembangunan jalan tembus di Desa Rumah Liang. Selain itu, Ketua DPRD Sumut mendukung pembangunan Jalan Simpang Tuntungan ke Berastagi atau Sembahe Elok.

Baskami menyampaikan hal itu saat melakukan pertemuan dengan Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang di Kantor Bupati Kabanjahe, Jumat (30/4/2021).

Rencana jalan alternatif menuju Medan, yaitu jalan tembus dari Desa Serdang Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo menuju Desa Rumah Liang Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli serdang (Desa Liang Pematang). Menurut hasil survei, masih ada jalan setapak dari Desa Serdang, berkisar 2-3 jam berjalan kaki, melewati hutan, baru kemudian tiba di Desa Liang Pematang. Selanjutnya, baru menuju Desa Buntu, lewat Desa Tiga Juhar, tembus ke Lubuk Pakam.

Bahkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam pertemuan antara Ketua DPRD Sumut, Bupati Deliserdang dan Bupati Karo di rumah dinas Gubsu beberapa waktu yang lalu menyampaikan dukungannya untuk percepatan pembangunan jalan tembus menghubungkan Desa Barus Jahe, Kabupaten Karo dengan Desa Rumah Liang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Tinggal menunggu izin Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk pemakaian kawasan hutan. Di mana Gubsu saat itu menyampaikan pihaknya akan memfasilitasi pertemuan dengan Menteri KLH.

Oleh karena begitu besarnya dukungan pemerintah provinsi, Ketua DPRD Baskami Ginting meminta Pemkab Karo serius dalam pelaksanaan perencanaannya. “Dewan (DPRD Sumut) akan mengawal hingga pembangunan jalan itu benar-benar terwujud,” tegas Baskami Ginting.

Terkait Jalur Sembahe Elok, jalan itu menurut Baskami Ginting sangat mendesak. Karena saat ini tinggal menembus kawasan hutan lindung dari Bumi Perkemahan Sibolangit menuju Kota Berastagi. “Perencanaannya harus tepat. Sehingga pembanguman jalan itu akan sesuai dengan harapan, yakni memudahkan akses ke Berastagi tanpa khawatir kemacetan,” terang Baskami.

Apresiasi dari Bupati Karo

Bupati Karo Cory Sebayang dalam pertemuan itu menyampaikan apresiasi atas dorongan Ketua DPRD Sumut. Pihaknya berjanji akan menuntaskan kekurangan persyaratan dari pihaknya. Untuk kemudian menjadi satu bagian dalam paket rencana pembangunan Jalan Rumah Liang.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment