Usai Tembak 9 KKB, TNI-Polri Sukses Buat Anggota Lainnya Kocar-Kacir

anggota KKB Papua

topmetro.news – Personil TNI-Polri terus memburu para anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang kabur setelah penyerangan yang berlangsung beberapa hari lalu.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Alqudussy mengungkapkan hal ini, kemarin.

Ia mengatakan bahwa personel gabungan tersebut sukses melumpuhkan sembilan anggota KKB. Hal itu terjadi saat penyerangan di Markas Lekagak Telenggen, Kampung Makki, Kabupaten Puncak, Papua.

Ia mengatakan, para anggota KKB lainnya telah kabur menyelamatkan diri usai operasi TNI-Polri tersebut.

“Korban KKB sembilan orang dan dari Polri, tiga orang. Satu di antaranya gugur,” terangnya.

Lanjutnya, personel TNI Polri dari Satgas Nemangkawia masih terus memburu para KKB yang melarikan diri. Komplotan ini merupakan anggota yang bergerak di bawah pimpinan Lekagak Telenggen.

Sebelumnya Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri membenarkan, adanya kontak senjata antara personel gabungan TNI Polri dan KKB di wilayah Ilaga, Selasa kemarin.

Tiga personel polri menjadi korban penembakan KKB. Satu di antaranya gugur. Anggota Brimob atas nama Bharada I Komang gugur terkena tembakan di bagian paha. Sementara dua lainnya yakni Ipda Anton Tonapa dan Bripka M Syaifuddin sudah mendapat perawatan medis di RSUD Mimika.

KKB adalah Teroris

Sebagaimana informasi sebelum ini, Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan bahwa pemerintah resmi melebeli kelompok kriminal bersenjata (KKB) sebagai teroris. Hal tersebut karena aksi kebrutalannya yang telah memenuhi unsur sebagai teror.

BACA JUGA | Kapolri: Negara tidak Boleh Kalah dengan KKB Papua

Karena itu, Mahfud pun langsung memerintahkan kepada aparat keamanan, mulai TNI, Polri, hingga Badan Intelijen Negara (BIN) untuk bertindak cepat, tegas, dan terukur.

“Pemerintah sudah meminta kepada Polri, TNI, BIN, dan aparat-aparat terkait segera melakukan tindakan secara cepat, tegas, dan terukur,” tegasnya. “Terukur menurut hukum dalam arti jangan sampai menyasar ke masyarakat sipil,” sambungnya.

sumber | WE Online

Related posts

Leave a Comment