Ketua DPRD Sumut Ingatkan Kebangkitan Positif Covid-19 Bisa Meledak

Hari Kelahiran Pancasila harus menjadi momentum bersatunya seluruh elemen bangsa menghadapi tantangan ke depan.

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengaku khawatir dengan kebangkitan positif Covid-19 belakangan ini dan mengingatkan bisa meledak.

“Ledakan jumlah pasien positif Covid-19 di hampir seluruh rumah sakit di Kota Medan, tentunya menjadi catatan penting bagi kita. Bahwa pandemi ini masih menjadi ancaman utama bagi kita saat ini, “ tegas Baskami kepada wartawan, Kamis (20/5/2021) di Medan.

Baskami melihat catatan dari beberapa RS pemerintah dan swasta di Medan yang menjadi tempat penanganan pasien Covid-19. Angka yang disodorkan para pengelola RS rata-rata di atas 80 persen ruang rawat Covid-19 penuh. Angka itu meningkat dalam jangka beberapa hari. Sehingga perlu ada pengawasan dari Satgas Covid-19 Provinsi untuk tidak lagi berleha-leha dengan sekedar menunggu angka dari laporan dari daerah.

“Langkah-langkah tracing sebagaimana panduan yang diberikan pihak Satgas Pusat wajib diperkuat. Kita tidak bisa hanya menunggu pasien datang, periksa ke faskes dan menunggu hasil. Lakukan pendataan secara acak. Misalnya wilayah lingkungan yang memiliki positif rate penderita tertinggi. Lakukan tracing door to door, kuatkan kampanye protokol 5M. Dorong masyarakat khususnya yang baru bepergian dari luar kota untuk mau periksakan diri ke faskes atau lakukan swab secara massal. Ini perlu agar tidak ada kekhawatiran di tengah masyarakat,” ungkap Baskami.

Terbuka Soal Covid-19

Ketua DPRD Sumut itu juga mengimbau kepada para pimpinan instansi pusat dan daerah, perguruan tinggi negeri dan swasta untuk bisa terbuka terkait data di dalam internal instansi. Sudah berapa banyak pegawai, karyawannya yang melapor tentang kondisi mereka. “Beberapa perguruan tinggi yang saya dapat laporan sudah membuat ketentuan bahwa seluruh staf sebelum masuk kantor wajib melampirkan data swab antigen,” ujarnya.

Dari data tersebut, kata politisi PDI Perjuangan ini, tentunya bisa mentracingnya. Jangan kemudian banyak yang positif, malah ditutup-tutupi. Dan tidak melalukan tindakan nyata seperti melakukan WFH dalam waktu seminggu. “Kita mengapresiasi langkah Walikota Medan Bobby Nasution merespon instruksi Gubsu dengan menindaklanjutinya membuat surat edaran. Yang intinya menjaga situasi Kota Medan dari peningkatan angka positif Covid-19,” ungkapnya.

Karena itu, Baskami Gintingi mengimbau warga Sumatera Utata bersama sama menjaga diri dan lingkungan keluarganya. Antara lain dengan tetap menjalankan Protokol Kesehatan yang baik, sehingga pandemi segera berlalu.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment