Jalur Masuk Medan Masih Disekat

jalur masuk ke Medan

topmetro.news – Tim gabungan Pemko Medan, TNI dan Polri melakukan penyekatan jalur masuk ke Medan pada seputaran Jalan Jamin Ginting, Kecamatan Medan Tuntungan, Jumat (21/5).

Penyekatan ini bertujuan untuk mengendalikan transportasi setelah masa Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Medan.

Petugas secara acak melakukan pemeriksaan kepada pelaku perjalanan yang memasuki Medan, baik yang mengendarai kendaraan pribadi maupun menumpang angkutan umum.

Petugas juga melakukan tes usap (swab) antigen terhadap penumpang angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang suhu tubuhnya 37 derajat Celcius. Tes ini bertujuan untuk memastikan orang yang masuk ke Medan tidak terpapar Covid-19.

Kendaraan Jalur Masuk ke Medan Terdata

Dengan santun namun tegas, petugas menghentikan angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang memasuki Medan dari arah Tanah Karo. Selain identitas, petugas juga menanyakan daerah asal dan tujuan penumpang.

Selanjutnya, suhu tubuh penumpang diperiksa dengan menggunakan thermo gun. Penumpang yang suhu tubuhnya di bawah 37 derajat, tidak harus melalui tes usap antigen.

Baca Juga: Penyekatan Jalur Masuk ke Medan Sampai 24 Mei 2021

Penumpang yang hasil tes usap-nya menunjukkan hasil negatifdiziinkan melanjutkan perjalanan. Sebaliknya, jika hasilnya positif, petuga akan langsung membawa penumpang tersebut ke puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Selain di Kecamatan Medan Tuntungan, terdapat dua posko penyekatan jalur masuk ke Medan, yakni pada kawasan Terminal Amplas Jalan Sisingamangaraja dan Diski Simpang Kampung Lalang. Sebelumnya, masa penyekatan semula berlangsung sampai 17 Mei, namun perpanjangan hingga 24 Mei 2021.

Penulis | Rizaldi Gultom

Related posts

Leave a Comment