BSS Foundation Ajak Masyarakat Siantar Donor Darah dengan Prokes Ketat

BSS Foundation Ajak Masyarakat Siantar Donor Darah dengan Prokes Ketat

topmetro.news – Bantuan Sosial Spontan (BSS) Foundation mengajak masyarakat agar tidak perlu takut untuk melakukan donor darah saat pandemi Covid-19.

Karena dalam praktiknya, selama proses donor darah berlangsung, BSS Foundation selalu menerapkan prosedur yang diatur dan dilakukan dengan proses yang sangat ketat. Terutama dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes).

BSS Foundation mengadakan kegiatan donor darah, Minggu (23/5/21) bertempat di Aula Perguruan Yayasan Sultan Agung Pematangsiantar, berlangsung hingga pukul 11.30 WIB.

Kegiatan donor darah BSS Foundation ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Yayasan Sultan Agung, berhasil mengumpulkan 62 kantong darah.

“Diharapkan dari acara ini akan terkumpul minimal 100 kantong darah untuk menjaga ketersediaan stok darah di PMI Pematangsiantar,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Wartini.

Kegiatan donor darah, lanjutnya, bertujuan agar masyarakat tidak takut melakukan donor darah pada saat pandemi Covid-19 yang saat ini melanda.

Merasa Khawatir

“Sebab di tengah pandemi, tentu ada kekhawatiran dari masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Sehingga nantinya stok darah di PMI cukup untuk masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Selama donor darah berlangsung, pelaksanaan dan penerapan protokol kesehatannya sangat ketat. Sebelum melakukan tindakan donor, tim medis terlebih dahulu melakukan pengecekan standar untuk pendonor.

Pendonor juga diwajibkan memenuhi persyaratan donor darah meliputi usia, suhu tubuh, riwayat perjalanan, dan riwayat penyakit yang dideritanya.

“Selain menerapkan jaga jarak, cek suhu, dan pakai masker, bangku tunggu dan tempat tidur harus disemprot disinfektan setiap selesai digunakan. Seprei ataupun pelapis dari tiap-tiap tempat tidur yang digunakan para pendonor akan diganti setiap selesai satu orang mendonorkan darahnya,” jelas dia.

Kegiatan donor darah ini ujar Wartini sebagai kegiatan kemanusiaan untuk membantu sesama. Serta dapat memberikan kontribusi yang positif dan kepedulian untuk masyarakat Pematangsiantar.

Atas rasa bentuk terimakasih pada para pendonor diacara tersebut, BSS foundation memberikan cenderamata berupa termos air panas digital, gratis voucher Prodia, snack dan vitamin, dan souvenir menarik lainnya.

“Satu sisi, kami sudah dihargai mereka yang datang untuk menyumbangkan darahnya pada kegiatan hari ini. Kami pun berterimakasih atas hal itu. Semuanya, berasal dari para donatur yang turut berpartisipasi pada kegiatan bakti sosial ini,” ujar dia.

Wartini mengatakan bahwa donor darah tersebut biasanya melibatkan beberapa organisasi maupun instansi-instansi pemerintah. Akan tetapi disebabkan pandemi covid-19 dan juga menjalankan kebijakan Pemerintah agar tidak membuat banyak masyarakat berkumpul atau berkerumun, peserta pun harus dibatasi.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment